Sex Issue | RIPPLE MAGAZINE

Sex Issue

Superman Is Dead : Kutafornia Rock City

It’s simple, Kuta got the beautiful beach with a perfect sunset, tons of great surfers, kool pubs with local bands & cheap booze, hot kittens from all around the world, thugs, hustlers, choppers bikes, sepeda low rider and beach kruisers right down the streets of Kuta. So kalimat yang paling tepat buat Kuta dengan semua keunikannya adalah “Kutafornia”. Some of the koolest counter-cultures in the world, mostly datang dari California [surf, skate, hot Superman Is Dead “Kutafornia Rock City” rods, low riders, pin-striping, fake boobs, pin up girls, etc] dan fakta kalau both Kuta and California punya beberapa kesamaan tidak bias dihindari. Tapi jangan lupa juga kalau George W. Bush kalah telak di California dalam pemilihan presiden. Hanya karena kita memakai kalimat ‘forniabukan berarti kita pro Amerika dan perang bodohnya. Lalu apakah Bandung ingin
seperti Paris dengan fashion anorexia warna warni-nya? Apakah Jakarta ingin menjadi New York dengan musisi serius nan avant garde-nya? Haha. Yup Bali might be the Indo’s version of Cali in some terms -a bad ass islandbut Bali is more than just beaches and punkrock and cheap beers. We have so many other kool thing yang daerah lain gak punya. What makes it more special, di Bali adat tradisional nya masih kuat dan bagusnya adat tradisional Bali tidak bersinggungan dengan kultur punk/rockabilly. So we respect our traditional roots for being so open minded. In the other hand, kita yakin kalau California juga ingin seperti Bali, dengan orang-orang nya yang ramah, cuaca nya yang exotis dan alam nya yang drop dead georgeous. Those kinda things negara-negara luar sana mostly don’t have. We’ve met a lot of people from Cali and they’re all in love with Bali.

Rockabillynya bisa konsisten? Kita pikir api utamanya nya adalah resistensi. Bali gak pengin keliatan sama dengan daerah lain di Indonesia. Kita dari kecil sudah jenuh dijejali dengan segala hal yang sangat Jakarta-sentris. Semua trend [music, fashion, lifestyle] berasal dari kota besar. Di era seperti saat ini, kita rasa sudah saat-nya tiap daerah di Indo mempunyai karakter dan taste sendiri-sendiri. It’s just kind of unfair jika semua seniman/musisi/designer/rebel/whore/whoever di Indo harus pindah ke kota besar jika ingin berhasil. Fuck that.

SID & Their Mission…

Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi buat daerah lain di Indo yang ingin menonjolkan karakternya masing-masing. Jika semua daerah bisa stand up, musik dan sub-kultur lainnya di Indo akan menjadi semakin ramai. Which is good for this country to learn how to fuckin appreciate diversity…..

Bali, Culture, & Geographic

Apakah pengaruh kultur dan geografis berpengaruh dalam pesatnya scene Rockabilly di Bali berkembang pesat? Dari sisi pemakaian hair wax sih sebenarnya Bali kurang cocok coz Bali weather’s hot and hair wax melts easily here. Haha. Tapi secara kultur orang Bali yang cenderung santai, toleran dan suka seni [termasuk tattoo dan the art of drinking], kultur rockabilly bisa tumbuh disini tanpa tekanan keras dari pihak konservatif. Bali is a small island. Everybody kind of know each other. Persaingan di Bali gak sekeras dan sekotor daerah lain. Kita [para pelaku kounter-kulture di Bali] kompak dan percaya kalau kita bisa. Yup, as simple as that.

SID & Music Industry

Tanggapan tentang musik rockabilly yang cenderung kurang diterima masyarakat Indonesia kebanyakan? It’s good. That’s what Bantu popularitas mereka. Free publicity is always good for those kinda band. Daripada menyerang bandband kecil seperti mereka let’s talk about those so-called big Indo ‘rockbands yang makin lama makin gak jelas dan membuat manuver-manuver rockstar kampungan supaya mereka tetap laku.makes it more special. Diversity is beautiful. Tanggapan tentang Kangen Band? Nothing special. But hey, semakin banyak kalian membicarakan mereka, semakin kalian membantu popularitas mereka. Free publicity is always good for those kinda band. Daripada menyerang bandband kecil seperti mereka let’s talk about those so-called big Indo ‘rockbands yang makin lama makin gak jelas dan membuat manuver-manuver rockstar kampungan supaya mereka tetap laku. So sick of them…

SID & regeneration…

Lumayan pesat dan mereka buka cuma dari genre punk/rockabilly saja. Metal [Parau, Scared of Bums] makin menanjak, street punk [Koma, Netter Jack] memiliki fan base yang loyal dan makin bagus, grunge/alternative [Navicula, Kaimsasikun] tidak pernah mati, oi/skinhead [The Resistance, Super Mario] tetap setia dijalurnya, trus juga ada band baru yang cukup stand out MetroMini yang ter-influence oleh Flogging Molly. Dan oya, The Bullhead [punkrock] baru saja sign up dengan label milik Superman Is Dead ‘Outsider Recordsdan bulan Juli ini rilisannya sudah beredar.

5 Things Cool About Bali…

1. Secara fashion, band-band Bali cenderung mudah dibedakan dengan band lain. Black t-shirt, dompet rantai dan tattoos is kinda like a uniform down here. Wait a minute, is that considered ‘kool’? Hmmm….
2. Kamu bisa minum dengan siapa saja. Walaupun gak kenal, kamu dengan gampangnya bisa berbagi shot arak dengan boys and girls yang duduk bergerombol di depan areal konser. Ketika minuman habis, ikutlah patungan. As long as you’re kool, the boys and girls will treat you no harm. It’s all bout hospitality and respect. Walaupun gak kenal, kamu dengan gampangnya bias berbagi shot arak dengan boys and girls yang duduk bergerombol di depan areal konser. Ketika minuman habis, ikutlah patungan. As long as you’re kool, the boys and girls will treat you no harm. It’s all bout hospitality and respect.
3. Ketika band mu bermain buruk, kamu tidak perlu khawatir akan serangan benda-benda aneh keatas panggung. Penonton Bali cenderung santai ketika ada band yang bermain buruk, tidak se-frontal daerah lain. Kalo jelek ya jangan ditonton.
4. Band-band mainstream dari kota besar diperlakukan biasa aja di Bali. Kalau di kota/daerah lain mereka selalu dipuja dan dikejar-kejar, lain ceritanya di Bali. Disini mereka bisa santai jalan-jalan di keramaian Kuta tanpa ada yang menggangu mereka. Kita bukannya ingin berbaik hati memberi band-band tersebut kebebasan yang mereka idamkan, but it’s more like a ‘Who the hell are you?.
5. The koolest thing is. Everyday you can see me drinking my beer infront of my bar and riding my bicycle on the lane of Kutafornia. Jangan lupa tersenyum dan lambaikan tangan when you see me ya….

5 Cool To Get Drunkabilly…

1. Beer. Large Cold Beer. Like really really cold…
2. Tequila. Jose Cuervo, with salt and lemon please…
3. Whiskey Cola. But I’ll pass on this one [sadly singin“Goodbye Whiskey…”]
4. Water. Penting: Biasakan mengkonsumsi air putih disaat anda mengkonsumsi alcohol. it’s good for your liver.
5. Did we mention beer?

DINOSAUR JR. WHERE’VE YOU BEEN ?

Bayangkan sebuah acara-acara di bar yang penuh sesak dengan asap rokok dan bau alkohol murahan yang menyengat dari mulut seorang anggota Hell’s angels yang gondrong. Semua kebosanan seolah terhenti saat J. Mascis mulai memainkan chord intro dari lagu “feel the pain”. Bayangkan juga diantara penonton-penonton tersebut ada Thurston Moore dan Kim Gordon nya Sonic Youth, Kurt Cobain dan Dave Grohl. For your information, mungkin pada saat itu juga mereka terinspirasi untuk membuat band (ya, Sonic Youth pun mengakui bahwa Dinosaur Jr. adalah salah satu inspirasi mereka dalam membuat lagu). Let’s meet J.Mascis, Lou Barlow (yang kemudian membentuk band Lo-fi Sebadoh), dan Murph, sang drummer yang pendiam. Band yang terbentuk pada tahun 1983 di Amherst, Massachusetts ini merilis debutnya ‘Dinosaurpada tahun ’85 dan mengganti nama band nya dengan menambahakan ‘Jr.karena ada band bernama Dinosaur yang menuntut mereka (personil nya adalah eks-Jefferson Airplane). Atas dorongan ‘fansterbesar mereka, Sonic Youth, pada tahun ’87 Dinosaur Jr. diajak bergabung dengan SST records, label milik gitaris Black Flag Greg Ginn untuk merilis, yang menurut pengamat musik sebagai album terbaik mereka ‘You’re Living All Over Me’. Tensi antara Barlow dengan Mascis mulai berakibat fatal. Akhirnya Barlow pun dipecat dan mulai serius dengan Sebadoh. Dia merilis sebuah single berjudul ‘freed Pigyang dimaksudkan untuk Mascis. Tak lama Murph pun keluar dan sejak ‘BugMascis mulai merekam dan menulis semua materi dinosaur Jr. seorang diri dan tur dengan dibantu Berz dan Mike Johnson.

The Reunion

Sejak tahun ’97 Mascis sudah tidak menggunakan nama Dinosaur Jr untuk proyek musiknya dan mulai menggunakan J.Mascis and the Fog. Tetapi pada saat J.Mascis mendapatkan hak untuk merilis ketiga album awal Dinosaur Jr maka dia pun merencanakan untuk melakukan reuni, tur Amerika dan merekam album baru! Ya, mereka akhirnya merilis materi baru (yang terakhir adalag ‘Bugtahun ’88). ‘Beyonddirilis oleh Fat Possum records pada mei 1 2007 dan mendapatkan apresiasi dan sambutan yang menarik dari musisi-musisi, kritikus dan penggemarnya. Untung saja J.Mascis membuat keputusan yang tepat untuk menolak permintaan Cobain yang mengajaknya menjadi drummer Nirvana 10 tahun yang lalu. Kalau tidak, mungkin saya pun tidak akan mendengar album Beyond sekarang. Yep, mereka telah berjuang selama 20 tahun dan bahkan pernah dianggap menjadi band grunge karena beken di awal ’90an. Band yang sangat underrated ini sekarang sedang melakukan tur di Jerman dan menjadi band pendamping RHCP. Coba download lagu-lagu mereka: ‘take a run at the sun’, ‘feel the paindan ‘crumble’. Enjoi !! Harr harr!

Karon nRoll

Nama Karon nRoll pertama kali disebutkan oleh Stevie, vokalis kita. Kata KARON diambil dari sebuah kata yaitu norak, yang dimodifikasi menjadi susunan huruf yang terbalik. Kebetulan di kampus IKJ saat itu sedang trend-nya menggunakan kata-kata terbalik, dan memang kataKaronsering tersebut di kalangan kampus kita seperti: “Karon luh..!”, “Kampret.. Karon juga nih anak!!”, dan lain-lain. Sedangkan kata NROLL sendiri diambil berdasarkan jenis musik rock n roll yang kami bawakan. Walau secara harafiah tidak memiliki arti yang khusus namun nama itu tetap dapat mewakili aliran musik yang kami buat. Saat itu personel lainnya setuju-setuju aja karena kata Karon nRoll itu menurut kita earcatchy, mudah diingat dan emang kenyataannya kami norak-norak sih.. apalagi Pepito, gitaris kami.. (tertawa)!

Rock n Roll kayaknya sedang tren ya sekarang? Apa yang membedakan kalian dari band-band lain?
Yo’i tuh..!! Ck..ck..ck.. Makanya band-band laen yang alirannya rock nroll juga mendingan bubar aja deh.. Ntar kita kesaing lagi.. (tertawa).. b’canda fren!! Walaupun yang kita tau cukup banyak band aliran rock nroll sekarang ini, tapi kita masih belom denger yang sound-nya n karakter band kaya kita koq, kita lebih membenangmerahkan band kita di era 60-an awal sampai akhir. Kita sendiri juga bingung koq band kita bisa sejadul ini yah (tertawa)?!! Mau bukti? Beli ndengerin CD kita aja kalo gak percaya, dijamin BEDA dan bisa bikin badan kalian gak bisa diam, mmm.. minimal hentakan jari-jari lentik tangan kalian akan bergoyang pastinya!!

Melihat band-band lain jebolan IKJ (Naïf, White Shoes and the Couples Company, dan lain-lain), kayaknya aliran waktu di sana berhenti ya? Ada alasan khusus kenapa lebih tertarik terjun di ‘musik-musik lama’?
Ngga juga kok.. banyak band-band di IKJ yang modern dan post modern juga.. bahkan yang belom ada nama aliran musiknya aja, ada yang udah di bawaain di kampus jenius itu.. aneh!! Walau banyak yang bawain nuansa tempo doeloe, tapi band-band di kampus kami tetep punya karakter yang kuat dan berbeda antara yang satu dengan yang lain.. poko’nya asik deh. Walaupun bawain musik nuansa dulu tapi pemikiran kita tetep mengikuti perkembangan jaman, pastinya gak mau ketinggalan. Kita tertarik terjun di musik jaman baheula soalnya emang kebetulan kita berlima ini emang punya kesamaan selera musik rock n roll aja, abis kita dulu bingung kalo mo bikin band-band kayak Radja
atau Kangen Band pasti gak akan cocok soalnya paras kita terlalu oldies sih.. ntar gak matching takutnya!!

Influence kalian dalam bermusik?
Karon nRoll ter-influence oleh band-band era 60-an. Seperti pada umumnya tidak terlepas oleh The Rolling Stones dan The Beatles. Namun masih banyak yang mempengaruhi musik kami misalnya: CCR, The Who, Beach Boys, Led Zeppelin, The Doors, Velvet Underground, Koes Plus, dan lain-lain.

Bisa sedikit dijelaskan bagaimana kondisi scene musik di Jakarta saat ini menurut kalian?
Scene musik di Jakarta saat ini menurut kita mengalami perkembangan yang keren banget. Anak-anak muda jaman sekarang di Jakarta udah bisa membuka telinga mereka untuk musik-musik yang bukan mainstream. Terbukti dari banyak acara pensi dan sebagainya di Jakarta sudah disesaki band-band indie yang ada sekarang. Dan kita juga yakin musik di Jakarta bahkan di Indonesia akan terus berkembang. Dan mudah-mudahan bisa bawa nama baik Indonesia juga di mancanegara. AMIN!! Dan pesan kita untuk band-band mainstream Indonesia sekarang ini: “Berhati-hatilah kawan.. Kami datang (tertawa)!!”

Ngomongin soal lirik nih, proses kreatif pembuatannya gimana?
Agak-agak nyeleneh ya liriknya? Apa kalian baca-baca buku ‘Enny Arrow’? Spesialis lirik di Karon nRoll masih dipegang oleh Apoy dan Stevie pada mini album Karon nRoll yang telah beredar. Inspirasi biasanya lewat kejadian sehari-hari dan ilusi mereka menjelang tidur. Lirik kita emangnya nyeleneh ya??! Menurut kita sih lirik kita mudah dihayati.. Mungkin nyeleneh itu berarti mudah dihayati juga yah.. (tertawa). Enny Arrow siapa yah? Sampe saat ini sih kita belom baca buku Enny Arrow. Kalo kita sih hobinya baca kitab suci, buku pelajaran ma komik jadul aja.

Kalian ikut jadi pengisi di album tribute to Naif kan?. Bagaimana Naif di mata kalian?
Naif adalah sebuah band yang keren menurut kita. Mereka band revolusioner yang membawakan musik tempo doeloe di era millenium.. Sangat Indonesia! Salah satu penyemangat kita juga sih. Dulu Karon nRoll pernah dipilih Naif buat ngisi acara ultah mereka ke-9, dan karena pertunjukan kita yang ca’em (pede itu perlu), maka kita diajak mereka untuk ikutan isi acara untuk Buka Puasa bersama di beberapa kampus Jakarta bareng mereka.. dan hubungan pertemanan kita lanjut koq sampe sekarang. Jadi seru aja rasanya bisa ikutan tribute to Naif itu.. Menyenangkan!!

Apakah keberhasilan Naif menembus industri musik mainstream membuat teman-teman di IKJ menjadikan mereka sebagai role model?
Ngga koq.. Naif, kita jadikan penyemangat aja karena kita respect dengan kreatifitas, kecerdasan dan attitude mereka yang oke. Mereka bias dijadikan contoh yang baik buat kita berkembang dan terus menginginkan kemajuan. Lagian band major label bukan berarti mainstream menurut kita.

Siapa saja orang yang paling berjasa bagi karon n roll, juga dalam pembuatan EP pertama kalian ini?
Banyak banget yang berjasa.. Yang utama Tuhan.. Selanjutnya ada Andre (manager kita yang paling hebatlah), Musa (ex-manager kita), Aryo Adams dan Gepeng (manager Goodnight Electric) yang ngurus mixing dan mastering EP, JimiUpstairsMulthazam dan Ay Aria (manager Straight Out) yang menangani kemasan EP kita, Ary Sendy yang jeprat-jepret kita buat bahan cover, Aksara Record yang bantu kita masalah pendistribusian, keluarga kita, kekasih-kekasih kita, IKJ, teman-teman dan musuh-musuh kita yang mendorong kita buat bikin EP ini, dan tak lupa Indonesia dan Bumi kita tercinta..

Dari beberapa pemberitaan tentang kalian, seringkali ditulis soal wajah kalian yang ‘sangar’. Seberapa sangarkah memangnya wajah kalian jika dibandingkan dengan Ariel ‘Peterpandan Pasha ‘Ungu’?
Mungkin masalah tampang kita boleh kalah dengan mereka.. moto kita: Biar sangar yang penting karisma dan attitude, fren.. tampang bukan jaminan masuk surga.. (tertawa)!! Lagian yang bener justru personel Karon nRoll punya paras yang sangat berkarakter: Paras Stevie yang manise ala ambon, paras Apoy yang lugu nan berwibawa, paras Joen yang mempesona, paras Pepeng yang karon nan flamboyan, dan paras Yakobus yang dingin nan elok. Mungkin memang kita diselimuti oleh sedikit paras kejantanan, makanya kita gak pernah dipalak di terminal (tertawa). Mungkin Ariel ma Pasha pernah dipalak. Coba tanya aja kalo gak percaya.. Belom lama koq kita jegat mereka di gang depan rumahnya… (tertawa) becanda kok bang!

Tema ripple magazine edisi ini ini adalah ‘sex issue’. Apa yang ada dalam pikiran kalian jika mendengar kata itu?
Ihh porno ahh.. (tertawa). Seks itu adalah anugerah.. tergantung bagaimana kita mengemasnya, mengasahnya, memperlakukannya, serta mempertahankannya. Pesen kita sih: “Yang safety-safety aja lah..!!” Lagu infra bercinta itu kalau nggak salah adalah tentang pengalaman ‘jajan sembaranganbisa lebih dijelaskan? Infra Bercinta adalah semacam indra keenam buat kita yang terkait dengan gairah bercinta manusia (cowo maupun cewe). Hal yang sangat alamiah dan tanpa muluk-muluk sejujurnya kita adalah manusia yang butuh belaian saying dan cinta. Hal itu terjadi sejak kita kecil. Setelah kita berkembang menjadi dewasa muncullah apa yang dikatakan dengan nafsu atau gairah bercinta. Maka tercetuslah ide dari kita buat bikin lagu ini yang bercerita tentang seorang lakilaki yang berselingkuh akibat penantian yang berlarut terhadap kekasihnya. Maka Raja singa lah jawabannya!! jadi berhati-hatilah dengan nafsu bercinta kalian kawan..

Cuts!
Jaga bumi kita, stop segala bentuk kekerasan, safety sex dan yang terakhir: Let’s get Rock nRoll with Karon nRoll, dude!! Thanks Ripple Magz. We love you!!

Discopunkhead DISCONNECTED & CLOSEHEAD

Mereka baru saja mengeluarkan split album yang bertujuan untuk mempererat komunitas punk agar tetap solid. Kali ini Ripple menantang seberapa solidnya mereka, dan juga apakah mereka bisa menjadi kritikus musik yang baik… hmm… yah, kali ini mereka secara bergantian untuk saling mengomentari. Disconnected mengomentari Closehead dan sebaliknya, Closehead mengomentari Disconnected. Enjooiii…

Disconnected Talk About Closehead…

Gimana pendapat kamu tentang konsep Discopunkhead?
Panji : Membuka kembali harapan musik punk di Bandung
Arie : Bagus.. soalnya split album udah jarang, sekalian memperat komunitas punk di Bandung
Yuda: Memberi kerenyahan di telinga
Decil : Penyegaran aja

Apa sih pesan/ misi yang ingin kalian sampaikan dalam album split ini?
Arie : Menyampaikan cerita
Panji : Nothing is impossible
Decil : hmmm….
Yuda : Nothing to loose

Apa single jagoan kamu dalam album split ini?
Yuda : semuanya juara, Materi lagu Closehead n Disconnected bagus-baguskalo single 1 dan 2 yang diputer di radio-radio sih Berdiri Teman sama Demos Cratos
Arie : Berdiri Teman, soalnya booming hehe
Decil : Berdiri Teman & Later on Summer
Panji : Never Going Down

Gimana pendapat kamu dengan musikalitas Closehead?
Arie : Wah ko bisa sehebat ini yaa..
Decil : Bagus, cerdas, Mantabh coy
Yuda : Menyentuh hati yang paling dalam
Panji : Brilliant, bagus, nyekill

Menurut kalian, referensi yang terdapat dalam musik Closehead terdengar seperti apa?
Decil : Kaya Closehead ajah..
Panji : No use for a name, Dewa19
Yuda : Closehead bangeetts
Arie : Ga tau euyy, ga kaya siapa-siapa

Berhubung Ripple edisi depan ngebahas Sex Issue. Apa lagu Closehead dalam split album ini yang enak buat ML ? Alasannya?
Decil : Berdiri Teman!!
Arie : Berdiri Teman..
Yuda : Berdiri Teman..Hehehehe
Panji : Menjelang Hilang

Lagu Closehead mana yang kalian nggak suka di split ini? Alasannya?
Arie : Berdiri Teman..teu bisa nyieun siga kitu (gak bisa bikin kayak gitu red.)
Panji : Broken Heart … benci patah hati
Decil : Berdiri Teman…Soalna intro awalnya ga ngerti nyanyi apa, pas diikutin nyanyi ga sama terus sihhh
Yuda : Berdiri Teman…Soalna hapal laguna

Definisikan musik Closehead dalam 3 kata?
Decil : Aid, Lam-Lam, Bob
Yuda : Menjadi bintang terang!!!
Arie : 3M (menyegarkan, menyenangkan, menyakitkan hehhe)
Panji : Susah Senang Bersama….

Secara keseluruhan, berapa nilai yang ingin kalian berikan pada Closehead?
Decil : Nilai=5, Mutu=4, kekompakan=10,
Closehead=9 hehe bingung nyaaa..???
Panji : Disconnected 11, Closehead 12 ..jadi Disconnected sama Closehead nilainya 11-12 hehehe
Yuda : 9,5
Arie : Seratus Juta

Kata-kata terakhir?
Arie: Apa ya!? Jauhi alkohol sama narkoba biar tetep sadar!
Decil : UNITE ASIA…Tolong jaga kebersihan….
Panji : Beli album Discopunkhead, jauhi narkoba, unite asia!!Keep those feet moving….
Yuda : Berdiri temaannn!!!

Close Head Talk About
Disconnected…

Gimana pendapat kamu tentang konsep Discopunkhead?
aid : ” sedikit punk-nya
bob : ” synth minimum
lam : ” mmmhh… ”

Apa sih pesan/ misi yang ingin kalian sampaikan dalam album split ini?
Aid : “membuat hidup lebih serius
Bob : ” teruslah berjalan perlahan dengan penuh harapan
Lam : ” tenang.. ”

Apa single jagoan kamu dalam album split ini?
Aid : ” Berdiri Teman
Bob : ” Menunggu Bintang Terang
Lam : ” Menjelang Hilang

Gimana pendapat kamu dengan musikalitas Disconnected?
Aid : ” bagus.. karna hal itu yang membuat Closehead ngajak Disconnected bikin split Album
Bob : ” very good
Lam : ” semangat…!!! berpotensi untuk terus maju

Menurut kalian, referensi yang terdapat dalam musik Disconnected terdengar seperti apa?
Aid : ” Blink 182 ”
Bob : ” kaya Disconnected… ”
Lam : ” layaknya 4 orang sahabat yang mendengarkan 4 jenis musik yang beda..

Berhubung Ripple edisi depan ngebahas Sex Issue. Apa lagu Disconnected dalam split album ini yang enak buat ML ? Alasannya?
Aid : ” gak ada… ”
Bob : ” Never Going Downbiar temponya cepet!!! hehehheheee… ”
Lam : ” pass ah.. ganti pertanyaan aja bisa ??!!! maaf=) ”

Lagu Disconnected mana yang kalian nggak suka di split ini? Alasannya?
Aid : ” gak ada
Bob : ” What Is Worth If I Found Out You’re
Gone.. susah diinget judulnya.. ”
Lam : ” aduuh.. maaf saya sampai saat ini baru denger 1 lagu saja yang saya dengarkan sampai habis.. sisanya masih belum didengarkan

Definisikan musik Disconnected dalam 3 kata?
I LOVE U

Secara keseluruhan, berapa nilai yang ingin kalian berikan pada CloseHead?
delapan (8).. biar bisa dibolak-balik angkanya!! ”

Kata-kata terakhir?
Berdiri Teman………..!!!!!!!!!!!!!!!!! ”

HOLLYWOOD UNDEAD myspace ghetto

Kesuksesan sebuah band berkat jasa dari media social network macam MySpace memang gak aneh. Panic At The Disco pada awal karirnya hanya menunjukkan link dua lagu mereka pada bulletin board Fall Out Boy sebelum kemudian Pete Wenz (bassis FOB) menarik mereka pada label rekamannya. Tak beda jauh, Holly wood Undead adalah Kiss ataupun Misfits 10 tahun lebih pintar yang hidup di generasi MySpace, di mana generasi seperti ini bakal mulai menggila di masa yang akan datang.

Pada awal karirnya mereka menaruh lagu mereka di MySpace sebelum kemudian account mereka meledak luar biasa dalam hitungan jam saja. Hingga kemudian ratusan anak emo mulai menyukai musik mereka dan sampai saat ini memiliki ratusan ribu teman di MySpace. Satu hari sesudah mereka menaruh lagu mereka di MySpace aja, ratusan comments memenuhi profil mereka. Perharinya mereka menerima ribuan teman yang ngeadd ke mereka. Profil mereka telah dilihat sebanyak sepuluh ribu orang. Lagu mereka
didownload 4000 kali dalam sehari. Bahkan mereka menduduki peringkat 12 dalam MySpace Top Band Charts, kemudian berada di urutan 8, urutan 4, dan seminggu kemudian berada di urutan 1 mengalahkan band-band besar lainnya macam Nine Inch Nails, ColdPlay, System Of A Down, dan From First To Last. Padahal pada awalnya Hollywood Undead “hanya” didirikan oleh dua orang homeless yang jadi karib sejak kecil, J-Dog dan The Producer (Mereka selalu menyamarkan nama aslinya dan memakai
identitas alter-ego layaknya Slipknot). Mereka hanya berkeliaran gak jelas, memasuki kehidupan jalanan, masuk ke club scene di Los Angeles. Mabuk-mabukan, krminalitas, pesta pora adalah ciri mereka.

Hollywood Undead terdiri dari enam orang yaitu J Dog, Da Kurlzz, Charlie Scene, Tha Producer, Funny Man, dan Johnny 3 Tears, memang tidak berbeda jauh dari segi nama 50 Cent atau Dr. Dre. Tapi mereka menyanyikan sesuatu yang lebih satir dan provokatif tentang generasi anak muda saat ini. Mereka bernyanyi tentang myspace seperti pada lagu Scene For Dummies: “…Hollywood Undead, get it through your head, download this song, put in your IPOD, fuck that put it on your homepage. you’ll be the coolest kid on fuckin myspace..” Atau mereka juga bernyanyi tentang anak emo pada lagu I Must Be Emo: “…I don’t jump around when I go to shows/ I must be emo/ Dye in my hair nail polish on my toes/ I must be emo/ I play guitar and write suicide notes/ I must be emo/ My life is just a black abyss/ You know? It’s so dark/ And its suffocating me…”.

Tak lupa mereka juga menyanyikan kondisi anak muda saat ini pada lagu The Kids: “…Black shirts / Honda civs / My Space / Gangstas don’t know howda act, killa tat, dancin to the fattest tracks Wood ranch / Hooligans / Jeffree Star / niggaz in shit ally show me where you at, beauty bar we gettin fat!…. Penampilan mereka di panggung dan juga dalam video klip, mereka selalu menggunakan topeng. Lupakan pula celana gombrong, bling-bling, dan sepatu Nike, mereka justru berpakaian ala anak emo dengan topeng seperti dalam film The Texas Chainsaw Massacre.

Secara influence pun, mereka tak menyebut secara pasti nama-nama band melainkan kehidupan social dan lifestyle yang mereka jadikan referensi seperti “HOLLYWOOD California, Designer Jeans, Camo, Cigarettes, Mickey’s 40’s, Bud Ice, Pro Tools, OUR FANS, TATTOO’S, Cahuenga blvd, Pla-boy Liquor, ASS, partying, Subway Sandwiches, Finger Snaps, Scene Hair, Sidekicks, Dumb fuckin girls, Freestyling, HXC, Brassknuckles, Riding Bikes Drunk, clubs and bars.” Sedangkan Tha Producer mengungkapkan bahwa mereka lebih menyukai musik mainstream. “The Used, Cold Play, Eminem, Dr Dre, Linkin Park, saya tak tahu yang lainnya lagi… karena saya lebih menyukai musik mainstream dibandingkan dengan band-band lainnya,” katanya perihal pengaruh dalam bermusik Hollywood Undead.

Inilah era di mana MySpace lebih dari sekedar membuat sebuah band hanya eksis dan narsis. Di balik semua itu, MySpace bisa menembus batasan ruang dan waktu. Dalam MySpace, sekalipun kamu bukan band sekelas Linkin Park, namun semua ini bisa terjadi begitu mudah. Friends and famous.

Phillipe : …And we wonder how kids books get so beautiful

Kemarin di Yahoo Messenger saya bertemu dengan seorang illustrator buku anak kecil dari negeri croissants, Perancis. Dia memberikan link website dan portfolio dia kepada saya. Mmhh.. menarik juga. Inilah obrolan singkat saya dengan Phillipe mengenai Incest, Audrey Tautou, Air dan inspirasinya..

1. Hello Phillipe.. how are things in France?
With Sarkozy, the new presidentevery thing will go better soon”… He said that. I’m not agree with him

2. So tell all the readers out there, what do you do basically beside drawing children book images? Which do you prefer, illustrator or painter?
Oh I don’t use Illustrator and Painter. I use only Flash and PhotoshopBut I love painting my books with some gouaches.

3. Who influences you the most?
Everything : theatre, dance (Anna theresa de Kersmaker for exemple), movies (Hitchcock), musik (Animal Collective), books (Robert Mc Liam Wilson), painters (Dubuffet), comics

4. Besides artist and painters, cultures always interfere and influence us. What’s your most influential records and movies?
films :
Blue Velvet, Exotica, Mulholland drive, Breaking the waves, L’Ètrange Noel de Mr Jack, Old Boy, Elephant, Le mÈpris, Dumb and dumber, Le monocle, les 39 marches
records :
Berlin (Lou Reed), Kid A (Radiohead), La focette (Dominique A), Maxinquaye (Tricky), Keren Dalton

5. French is the birth of many cinema auteurs like Godard and Truffaut, but it also the birth of croissant, music geniuses Gainsbourg & Air and of course the beautiful Audrey Tautou. Tell me, is it the athmosphere or location makes the people creative?
Oh I can’t answer this question because people you’re talking about like Truffaut, Gainsbourg or Godard are very old or deadAir isn’t a reference for me (a good first album but after…) and Audrey Tautou work in very bad moviesSo now, I think there isn’t big difference between France and Europe. There is differences between citys but not between countries.

6. Did Serge Gainsbourg and his daughter Charlotte ever make love?
I just wanna clarify some gossip here! Oh no !!!! I don’t think so. It’s only a BIG and very STUPID gossip.

7. Tell me, do people really love Daft Punk and Air there?
Oh yes. Too many people for me

8. Ok, what’s your next project?
A book for very small children with a little fox and chickens

9. In doing children’s book, do you ever encounter some idealistic problems?
Oh no I only speak about what I love. So no problems.

10. Are french people more liberal than any other human beings on earth?
Unfortunately, I don’t think so

11. Thanks for your time..
my pleasure..

Vicky Burgerkill

Namanya terlalu imut untuk metal, Yupi Yupiki. Tapi dipundaknya tanggung jawab besar menanti. Simak cerita seru The New-Vocalist Burgerkill ini…

Bisa dilukiskan perasaan kamu sedetik setelah pengumuman vokalis Burgerkill?
Wah gak bisa dilukiskan! Pengumuman vokalis Burgerkill (BK) diumumkan pas sehabis acara Doomfest I di Dago Tea House tanggal 27 mei kemarin. Tiga kandidat vokalis utama ini ngumpul di kantor BK dan lansung diadakan rapat sampai diumumkan di rumah pak Eben. Pokoknya hari itu berkesan banget buat gw…

Gimana rasanya jadi vokalis sebuah band metal ternama di Indonesia?
Sampai sekarang gw sih masih gak percaya. Gila… gw jadi pengganti almarhum Ivan Scumbag yang di mata gw udah legend abis. Di satu sisi gw berpikir ini seperti sebuah beban, tapi gw punya tanggung jawab buat lebih baik.

Kesan pas pertama kali resmi sebagai vokalis Burgerkill?
Pas pertama kali masuk BK, gw dipanggil ama Eben katanya ada semacam ospek. Wah, gw tahu kan ospek sebelumnya di BK itu mesti kuat ama hinaan dan cacian. Wah kalau diomongin anjing mah udah biasa kali… eh ternyata gw justru dicukur rambut sebagai tanda akekah (tradisi pada bayi yang baru lahir dengan memotong rambutnya). Justru dipotong ama Ebennya bukan gondrong ala metal justru dibikin Mohawk kayak gini nih hahaha…

Yang gw lihat kan ngeganti sosok seorang Ivan BK kan sulit, kesulitan pertama kan datang dari massa, kedua dari para personil BK, dan ketiga dari diri lu sendiri. Nah, lu ngerasa dukungan yang kayak gimana yang membuat kamu lebih percaya diri?
Yah, anak-anak Heaven Fall dan BK juga sering ngedukung. Terus gw suka ngelihat comment di Myspace dan Friendster. Yah pro dan kontra itu sudah biasa. Tapi momentum yang bikin gw percaya diri ketika ada seseorang yang ngesms ke Eben gini, “Pak Eben, jiwa Ivan Scumbag itu ada pada diri si Vicky…” Gila… sms itu bikin gw merinding.

Sebelumnya Ivan bertanggung jawab untuk menulis lirik, apa hal yang sama dibebankan juga pada kamu untuk kedepannya?
Memang sudah ada obrolan sebelumnya, dan rencana buat album BK kedepannya bakal pakai bahasa Inggris semua. Tapi tidak semua dibebankan pada gw, karena mungkin ada anak-anak juga yang bikin atau malah kita semua yang bikin berbarengan. Yah, intinya saat ini juga gw punya keinginan buat belajar nulis lirik yang baik kayak saat ini gw ikutan les bahasa Inggris. Dan pentingnya gw pengen mikirin image gw di panggung.

Kan image Ivan Scumbag itu begitu sangar dan begundal dan sangar kalo di panggung, dan justru sebaliknya kalau di belakang panggung. Lu sendiri kayak gimana?
Pokoknya kalau di panggung emang mesti jadi monster. Apalagi gw kan mainin musik metal.

Awalnya gimana sih bisa tertarik buat ikutan vokalis BK?
Awalnya sih hanya coba-coba. Gw diajakin teman gw dan juga salah satu kandidatnya, Warik ama Odoy. Sempat gak PD juga. Apalagi yang sering dibawa manggung sih si Teguh. Tapi ternyata hasilnya lain. Yah mungkin ini udah takdir gw.

Ketika memutuskan buat ikutan audisi, pihak Heaven Fall sendiri bagaimana?
Pada saat ikutan audisi sih emang gw gak ngomong atau berterus terang ke anak-anak Heaven Fall bahwa gw ikutan audisi vokalis BK. Baru pas saat tengah-tengah audisi gw ngomong terus terang ke anak-anak HF. Dan gw juga jelasin tentang masa depan gw di BK dan masa depan gw di HF itu sendiri. Yah supaya enak kedua-duanya lah… Untungnya anak-anak HF pada ngerti

Diantara dua kandidat lainnya, menurut kamu saingan terberat itu siapa?
Sebenarnya gw sempat minder ama dua pesaing tersebut, Warik dan Teguh. Keduanya punya karakter vocal yang bagus. Gw juga gak percaya

Nama kamu, Yupi Yupiki. Terdengar kurang sangar dan metal yah…
Iya nih… mungkin perlu ganti nama kali jadi Vicky getih (darah) hahaha…

Kesibukkan sehari-hari seorang Vicky itu kayak gimana?
Yah, saat ini dibukkan dengan beresin kuliah nih. Belum lulus-lulus nih hahaha… Selain itu gw juga disibukkan dengan fitness agar tubuh bisa lebih prima dan kelihatan sangar di panggung hehehe…

Sebelum di BK, kamu sendiri pernah di band apa aja?
Heaven Fall, Disorder Lies, Balcony, Savor Of Filth, Symphony at My Lady sebagai drummer.

Banyak yang ngomong bahwa seorang Vicky itu multitalent karena bisa mainin segala jenis alat musik. Contohnya di Symphony At My Lady kamu justru megang posisi drummer. Apa merasa ada bakat bermusik?
Gw sih tipe orang yang ambisius. Kalo gw pengen bisa sesuatu maka gw belajar dan mesti bisa.

Selama bermusik, kamu nyaman di posisi sebagai apa?
Hmmm… drum dan vocal sih. Tapi vokalis punya tanggung jawab yang gede sih.

BK sebagai band professional tentu membutuhkan totalitas. Sementara di satu sisi kamu masih punya kesibukkan dengan kuliah. Ngatur waktunya sendiri kayak gimana?
Yah, gw total di si Burgerkill aja. Gw emang mesti mengatur waktu sebaik mungkin. Dan gw bikin hierarki prioritas aja kayak beresin kuliah disela padatnya jadwal si BK.

Referensi musikal lu?
Devin Townsend (Strapping Young Lad). Orang itu jenis abis. Bisa mainin segala jenis alat musik dan juga menjadi produser Soil Work. Karena Ripple sekarang edisi SEX ISSUE. Pernah punya pengalaman seks yang metal banget? Gw pernah ngelihat teman gw sendiri ML di mana ceweknya satu sedangkan cowoknya tiga orang.

Posisi seks favorit?
Gw suka dada dan bokong cewek yang gede. Gaya favoritnya sih cewek diatas dan si cowok di bawah.

Pornstar favorit?
Briana Banks

5 Playlist yang didengarkan?
Soilwork
Strapping Young Lad
Chimaira
Meshuggah
The Haunted

Moamar Emka : The So-Called Undercover Writer

Apa arti seks buat lu?
Pengejawantahan dari sebuah proses hidup. Sangat alamiah dan tak terduga-duga. Ribet ya ngartiinnya (tertawa).

Apa yang membuat lu tertarik untuk menulis tentang seks?
Karena kebetulan saya banyak menemukan perilaku masyarakat Ibukota yang berbalik 180 derajat dengan tatanan nilai yang ada.
(1) Ternyata, ada sebagian masyarakat yang begitu liar merayakan aktifitas seksualnya.
(2) Ternyata, seks yang selama ini begitu ditabukan, dalam praktiknya tumbuh subur sebagai gaya hidup.
(3) Ternyata, seks memang menarik untuk digali. Begitu misterius, dan penuh tanda tanya.

Sebutin selebritis yang paling ‘hotmenurut lu, kenapa?
Luna Maya. Kalo saja Feby Lawrence masih eksis di dunia selebriti, saya pasti pilih dia (tertawa).

Apakah film ‘Jakarta Undercoversudah memenuhi ekspektasi lu sebagai penulis buku dengan judul film tersebut?
So far, ya saya puas kok. Karena dari awal pembuatan, saya terlibat di dalamnya. Andai saja, adegannya banyak yang nggak disensor, tentu film Jakarta Undercover akan ‘hadirutuh, tak beda jauh dengan bukunya….

Seberapa penting kontak fisik dalam hubungan percintaan?
Kalau full body contact, nggak harus dan nggak penting-penting amat. Dari tatapan mata, dan pegangan tangan saja (syukur2 bisa ciuman ala kadarnya) cukup kok untuk memahami hubungan percintaan.

Sebutin pesta seks paling ‘gilayang pernah lu datangin?
Pesta orgy dengan peserta lebih dari 50 orang. Nggak pake baju apa-apa, all naked dan all you can eat. Sayang, bayarnya mahal buanget….

Kalau seluruh uang yang dikumpulkan dari bisnis seks illegal dikumpulkan, apa kirakira bisa menutupi hutang negara ini (tertawa)?
Cukup banget. Hitungan saja, kalo saja prostitusi itu dipajekin aja, dalam setahun, estimasi rendahnya bisa dapet Rp. 14 triliun. Estimasi tingginya, bias 24-30 triliun. Itu duit semua lho….dengan estimasi jumlah PSK, antara 1-3 juta orang, dari berbagai kelas (bawah, menengah, tinggi, dan papan atas).

Bagaimana hubungan hedonisme dengan seks?
Hedonisme dan seks menjadi berhubungan ketika di dalamnya, uang menjadi raja. Pesta seks yang mengatasnamakan hobi dan hura-hura itu, hedonisme. Tapi kalo seks yang dilakukan dua orang yang saling mencintai, itu anugerah terindah namanya.

Kenapa banyak artis selingkuh/kawin-cerai, apa ada hubungannya dengan masalah ‘ranjang’ (tertawa)?
Waduh, faktornya banyak banget. Ranjang, mungkin hanya salah satunya. Bisa karena ekonomi (maksudnya, setoran kurang. Mau beli baju branded saja, susaaaah setengah mati), lifestyle (maksudnya, hobi gonti-ganti pasangan), trauma, perselingkuhan, sakit jiwa, salah pilih, dan lain-lain.

Bintang film porno favorite lu?
Tyra Banks, Jenna Jameson, dan Asia Carera.

Sebutin tempat ML teraneh yang pernah lu datangin, kenapa?
Karena udah sering liat yang aneh2, jadi saya udah imun (tertawa). Mulai dari ML di mobil, parkiran, whirpool, di atas kain yang diikat ke dinding rumah, ama bebek peking, dan lain-lain. Semua udah pernah liat. Liat doang lho, swear!

Berapa kisaran harga hostess dari yang paling murah sampe yang paling mahal (tertawa)?
Kalo yang kelas bawah, nggak usah dihitung ya.Kalo kelas menengahatas, mulai dari 800 ribu (all in) sampai un limited (ada yang 1,8 juta, 2,5 juta, 5 juta, 10 juta, ampe yang harganya bisa buat beli rumah dan mobil mewah).

The Girl Kisser

Kalau saya ngobrol dengan cewek, itu biasa banget. Tapi kalau ternyata ceweknya hobi nyium cewek lain, nah.. itu baru interesting. Saya bertemu dengan seorang cewek kuliahan di Bandung (yeah, sori sob, tapi dia nggak mau disebutin nama sama kampusnya di sini). Tadinya saya mau nulis namanya; “sebut saja dia melati,” tapi dia gak mau, katanya ntar dia disangkain korban perkosaan. Haha. Okey, just cut this crap, please enjoy the interview.. mmmm..

Sejak kapan lo nyium cewek?
Sejak kecil… dicumin nyokap gw.. hahaha. Kalo mulai nyium cewek lain tuh dari SMA.

Sori, apa kamu lesbian?
Nggak, gw straight kok. Hmmm… apa mungkin gw biseks ya? Hahaha. Tapi gw nggak punya niat lain selain cuiman kok. Seperti misalnya meraba-raba tempat lain seperti yang biasa dilakukan orangorang. Hahaha. Yummmy..

Gimana perasaan lo saat nyium bibir cewek lain?
Awalnya sih deg-degan, mampus! Feeling weird aja gitu. Tapi lama-lama biasa aja. Enjoy. Hehe :p

Apa bedanya bibir cewek dengan cowok?
Hmmmm… bibir cewek tuh rasanya lebih lembut ya. Soalnya cewek-cewek yang suka gw ciumin suka pada pake lip-balm gitu. Tasty!

Apa cowok lo tau kalo lo suka nyium cewek?
Hmmm… kayaknya sih tau. Tapi dia nggak ngomong apa-apa tuh. Mungkin dia malah horny kalo ngeliat gw ciuman sama cewek lain. Hahaha. Maafin aku yang! Hahaha.

Pernah ada kejadian aneh dengan ‘hobilo ini?
Aneh apa ya… hmmm. Oh iya, pernah tuh dulu gw lagi ciuman di club, trus difoto gitu, gak tau sama siapa. Udah gitu, nggak lama ini gw pernah liat foto gw itu ada di folder bokep di warnet. Parah! Ahahahaha.

Oh ya? Warnet mana nih?
Nggak ah, ntar disangakain gw promosi lagi.

Sampai kapan lo berencana untuk nyium cewek?
Sampai kapan ya? Sampai nggak ada lagi cewekcewek cakep yang mau gw cium, hahaha!

SEX DISORIENTATION

Kelainan seks, atau sexual disorder/dysfunction. What the…? Apakah saya terlihat seperti memiliki gangguan seks? Atau saya dapat dimasukan dalam kategori Charlotte dalam filem serial Sex and The City, sehingga mereka memancing saya? Apakah karena mulut saya yang sompral dan tak punya sensor dalam mengatakan kata-kata kasar khusus seputar seks sehingga saya dianggap mahir, berpengalaman dan tak sungkan merambah ke hal seperti itu?

Pengalaman yang saya anggap kelainan seks sintin, yang hanya satu-satunya pernah saya alami adalah ketika seorang kakek-kakek mesum bersepeda, mendatangi mobil kami di Pangandaran, saat kakak ipar saya sedang berganti pakaian memakai pakaian renang. Saya sendiri berdiri mengenakan sepasang celana pendek dan bikini. Ia berhenti tepat di depan saya. Saya sangka ia adalah pemilik kerbaukerbau yang sedang memamah biak di dekat kami. Dari lubuk hati saya yang terdalam, sungguh tidak ada niat menggoda pak tua. Saya pikir juga para wanita di desa sana sering mandi hanya dililit oleh sarung atau kemben, beberapa nenek di sana saya lihat hanya berkutang dan bersarung sedang menghisap rokok kelobot. Jadi pemandangan bikini itu biasa saja baginya. Saya menganggukkan kepala, memberi salam. Ia tersenyum biasa. Tetapi apa yang terjadi selanjutnya, benar-benar membuat saya panik, jijik, ngeri dan tertawa terbahak-bahak setelahnya. Perlu diingat, sepanjang perjalanan menuju Pangandaran, entah mengapa, kami semua berdelapan yang terdiri dari kawan-kawan dan saudara seumur bernyanyi menggunakan katakata yang mengarah mesum, terutama daerah teritori kaum pria. Sudah pasti anda bisa menebak apa yang terjadi selanjutnya. Mungkin karena saya percaya tahayul, terutama daerah sekitar pantai Laut Selatan. Hingga pada akhirnya kami para wanita dihukum karena terlalu sesumbar mengeluarkan makna yang cukup tabu. Kembali pada kakek-kakek yang masih tersenyum tersipusipu seperti Dopey dalam cerita Snow White. Ia lalu mengarahkan kedua tangannya ke arah resleting celana. Dengan refleks cepat, karena
saya cukup sensitif dan paham dengan perilaku yang sudah mengarah ke arah seks, maka tanpa melihat lagi apa yang keluar dari sana, saya berteriak kencang, “Anj*&% bangsat! Jiiiii (nama samaran kakak ipar), cepetan keluaaaar! Ada kakek eksibisionis gilaaaa!” Keenam kawan-kawan dan saudara kami sudah jauh di pantai sehingga tak dapat mendengar apaapa, juga sedang tak memperhatikan kami. Untung saja kakak ipar sudah selesai berganti pakaian. Kakek itu berjalan ke arah kami dan saya tak berani melihat ke arah bawah. Ia terkekehkekeh kesenangan dan terus mendekati kami. Cepat-cepat kami berlari ke arah pantai dengan tangan saya memegang kunci alarm mobil dan memencet tombol sambil berlari. Setelah itu baru kakak saya dan yang lain sudah hendak menghajar kakek itu, namun tak tega. Karena kelihatannya ia sama sekali tidak merasa bersalah. Kakek itu malahan sempat berjalan-jalan sesaat walau tak mendekati kami kembali, lalu meneruskan perjalanannya menaiki sepeda yang melenggang menemaninya mencari mangsa baru. Nah hanya itu saja pengalaman saya mengenai kelainan perilaku seks. Tetapi, mungkinkah hanya itu saja yang saya sadari? Nah lo!

Sudah cukup mengenai ke ego sensitifitas saya yang terus bertanya mengapa? Oh mengapa saya? Akhirnya benar-benar saya tertantang untuk menulis. Sudah pasti saya tak akan menulis secara ilmu kedokteran maupun secara ilmu psikiatris dan psikologis, karena itu bagian para ahlinya. Yang akan saya berikan, yah, mungkin dapat anda baca setelah kalimat ini. Dari pengalaman tadi, saya mulai berpikir. Banyak manusia, masyarakat dari berbagai pengaruh sosial, ekonomi, dan kebudayaan memiliki standar kelainan seksual maupun moral dari seks itu sendiri yang sudah tentu berbeda dari yang lainnya. Yang membuat sama hanyalahorang-orang kota”, atau mereka yang hidup dan berinteraksi dengan mereka yang telah menjadi masyarakat dengan kehidupan terglobalisasi. Standar moral mereka hamper sama, juga kebiasaan-kebiasaan mereka sejak kecil hingga dewasa, setidaknya mereka hidup dalam masyarakat yang memiliki standar yang kurang lebih mirip satu sama lain.

Kita ambil contoh saja, suku-suku pedalaman di cina. Saya pernah menonton saluran televisi di Hong Kong mengenai gaya hidup seksual dan mating season mereka, hingga ke kebiasaan kehidupan perkawinan mereka, yang merupakan bagian dari ritual suci mereka. Percaya atau tidak, saya berpikir bagaimana bisa mereka menghadapinya. Saya sendiri tak bisa. Sungguh penuh dengan bermacam-macam tradisi yang bagi saya sangat tidak lazim. Lupakan poligami, ada yang lebih heboh, dari cara para gadis perawan yang memperlihatkan separuh payudara kanannya di perayaan perkenalan antara kaum muda-mudi. Jika ada pria yang tertarik maka ia akan menyentuh bagian payudara yang dipamerkan mereka, dan mereka berdansa berdua. Mungkin kalau tiba-tiba seorang gadis dari pedalaman tersebut tersesat ke kota ini dan memperlihatkan separuh payudaranya di club atau bar-bar gaul, maka separuh cewek akan berkomentar, “Desperate amat sih! Sampe nawarin to***, saking ga lakunya! Jual murah, jual murah! Eksibisionis amat!” Atau saat mereka sudah dijodohkan sejak bayi, namun pada masa sebelum kawin mereka bolehtidurdengan siapa saja, dengan cara memohon ijin pada orang tuanya dulu sebelumthat magic momenthingga tiba saatnya mereka harus bermonogami dan menikah dengan yang sudah ditunjuk, mau atau tidak mau. There’s no choice, sucker! Bagaimana jika mereka sudah terbiasa untuk melakukan seks dengan banyak orang lalu dipaksa akhirnya hanya cukup satu saja? Di sini mungkin kita mengatakan ia seorang promiscuous sex addict. Dan yang terakhir saya ingat, ini yang paling mutakhir. Seks bebas, sebebas-bebasnya, namun masih ada toto kromonya. Jika seorang pria hendak melakukankencandengan istri seseorang, maka ia hendaknya datang membawa lentera ke rumah pasangan tersebut. Setelah itu makan malam bersama seluruh keluarga termasuk sang suami. Setelah itu sang suami pun akan pergi ke rumah dara lain, atau istri lain dengan cara yang sama, memberi waktu pada istri dankawannya untuk do that horny thang. Ingat, tak ada kondom di sana. Lalu kalau kebobolan dan ternyata anak pasangan itu adalah anak teman kencan mereka? Yang terakhir agak melenceng memang dari kelainan seks karena itu hanya sebatas moral saja.

Ok, balik lagi ke pokok pembahasan. Siapa sih yang membuat standar kelainan seks yang sekarang sudah mendunia? Fetishism, frotteurism, exhibitionism, voyeurism, paedophilia, transvestite fetishism, homosexuality, dan masih banyak yang lainnya lagi. Semua diangkat dari standar moral masyarakat tertentu yang akhirnya terglobalisasi. Para pakar lalu mengujinya dan menemukan kelainan hormon, pengaruh psikologis, kelainan jumlah sel pada hypothalamus (dimana sel sarafnya yang mengeluarkan GnRH –gonadotropin releasing hormone berhubungan dengan system limbic. Bagian yang sebagian besar terlibat dalam pengendalian emosi dan aktifitas seksual).

Dapat anda bayangkan satu desa atau kota metropolis di jaman heubeul, seluruh masyarakat di dalamnya dianggap kelainan seks oleh masyarakat lain. Terus terang dari sekian banyak, mayoritas saya pun tak menyetujuinya, terutama sexual abuse terhadap anak di bawah umur dan siapa saja, sampai ke binatang sekalipun. Namun untuk sebagian lagi yang tidak merugikan secara fisik dan mental terhadap lawan jenisnya, setelah kita tahu standar kelainan seks itu nisbi apakah mereka pantas di sebut kelainan seks?

Sekarang ambil contoh kaum homoseksual atau gay, atau seorang fetish bulu ayam (kalau ga mampu beli syal bulu mungkin dia pake kemoceng), jika mereka tak menggoda kalian frontal maupun tidak. Mampukah kalian menganggap mereka lain, aneeeeh, atau menjijikan, patut dikasihani, patut bertobat, bla bla bla… Jika mereka hidup damai dan tenteram bersanding dengan kalian, perlukah ia disembuhkan ke psikiater atau dokter? Bayangkan anda lahir lagi seperti seorang bayi yang belum ada dogma dan doktrinasi moral apapun, lalu anda dibesarkan di sekeliling mereka. Apakah mereka kelainan seks menurut andA. Ya, ya.. bahasan ini pasti jadi berat, banyak yang kontra dan pro. Sama seperti teman bloon saya yang agak fanatik ketika
sedang mabuk mengajak kami semua yang saling berbeda agama untuk mendiskusikan perbedaan tersebut. Tahukah kalau sejak jaman Socrates sampe Aa Gym, gak ada matinya mendiskusikan suatu perbedaan prinsip keyakinan yang kalian pegang teguh masing-masing?! Akhirnya berakhir dengan perdebatan atau kalau tidak, lu, elu sendiri, gua, ya gua sendiri. Betulkan?

So, the moral of this story, mo kelaenan kek, mau punya to*** tiga kek, tarik nafas dalam-dalam, tutup mata, hening sebentar, buka otak lebarlebar, and think again.

Shit Happens: one night stand madness

Ini beneran kejadian. Sial, gua bener- bener kesel kalau inget kejadian hari itu. ungkin salah satu kesalahan terbesar dalam hidup gua adalah melepaskan keperjakaan gua (kencan singkat bersama Tante ‘Luxnggak dihitung kan?) di salah satu tempat prostitusi paling terkenal di Bandung, yang sekarang udah ditutup. Yah, 60 ribu adalah harga yang gua bayar untuk mendapatkan pengalaman seksual pertama plus sebungkus rokok sama teh botol.

Waktu itu umur gua 19 tahun. Sejak itu gua mulai addict dengan sexual experience, dan berusaha mendapatkannya tiap saat kalau gua lagi kepingin. Gua punya cewek, dan kita udah beberapa kali berhubungan seks. Tapi gua nggak pernah puas karena selalu dihantui sama perasaan bersalah dan was-was kalau-kalau gua malah mendapatkan ‘bonusyang belum gua harapkan dari hubungan itu. Gua belum siap dengan segala tanggung jawab kalau-kalau terjadi apa-apa. Akhirnya demi melampiaskan hasrat seksual gua yang menggebu-gebu itu, gua lebih prefer untuk melakukan one night stand dengan cewek yang sama sekali nggak gua kenal. Dan terbukti, setelah beberapa kali melakukannya, gua menikmati hubungan seperti itu karena lebih ‘safe’.

Dan tibalah hari sial itu. Gua dikenalin temen gua sama seorang hair dresser di salah satu salon kecantikan, sebut saja namanya Juli. I thought it was perfect occasion. Malem minggu, gua lagi ‘sange’, dan ceweknya lumayan cantik. Nice!

Pergilah gua, temen gua, Juli, dan juga seorang temennya yang sama-sama kerja di salon. Untuk cewek yang terakhir, karena mukanya rada ‘eksotikgua dengan rela menghibahkannya ke temen gua, hahaha. Gua ngajak mereka ke club dan mesen minuman untuk ‘pemanasan’. Kita ngobrol-ngobrol dan memberikan minuman sebanyakbanyaknya ke si Juli supaya dia mabuk. Tampaknya rencana gua berhasil. Dengan alasan mual, Juli ngajak kita keluar untuk nyari angin supaya dia bisa lebih segar. Malam itu, setelah beberapa jurus ‘evil speak’, gua mendapatkan pengalaman pertama blow-job on the car. It was sooo damn good for sure!

Setelah itu, karena udah nggak tahan, gua mengarahkan mobil gua ke salah satu hotel kelas melati di daerah yang banyak waria cantiknya. Gua check-in dan ngurus administrasi yang nggak ribet karena gua dan receptionistnya udah tau sama tau. Karena buru-buru gua sampai lupa beli kondom. Shit! Gua males aja gitu harus beli dulu. Bisa-bisa mood gua turun. Tapi akhirnya si Juli bilang nggak apa-apa. Lagian dia lebih suka dengan skin-on-skin sensation.

Way to gooo Juliii! Yah, selebihnya apa yang gua lakuin sama dia nggak usah gua ceritainlah sama lo semua. Pokoknya malam itu sangat menyenangkan… sebelum badai. Tiga hari setelah itu adalah disaster. Tiba-tiba aja Juli dateng ke rumah gua barengan temen gua, dan bilang kalau dia hamil. Fuuuuuuucccccc*****!!! Tibatiba aja otak gua langsung ngebayangin gimana gua bakal di makimaki sama orang tua gua, bahkan the worst scenario adalah diusir dari rumah, gua bakal diputusin cewek gua, kuliah gua berantakan…

Mampus mampus mampus!!! Gua bener-bener panik banget. Akhirnya setelah ngobrol-ngobrol, Juli bilang dia butuh uang 2 juta buat beli obat dan pergi ke dokter. Gua iya..iya aja asal masalahnya cepet beres meskipun saat itu gua nggak punya uang segitu banyak. Gua minta waktu dua hari supaya bisa ngumpulin uang itu, dan si Juli bilang oke. Gua jual handphone dan minjem duit ke sana-sini. Sial. Dan pada hari yang dijanjikan, yang dateng ke rumah gua bukan si Juli, tapi cowok serem dengan tampang preman. Dia ngaku sebagai cowoknya si Juli, dan dari tampangnya dia benci banget sama gua dan berniat melumat gua dan memutilasi tubuh gua untuk dijadiin makanan doggy dia. Ciut banget gua. Setelah ramah tamah nggak menyenangkan itu, dia ngambil duitnya dan ngancam gua jangan lagi ngedeketin Juli. Dengan senang hati gua mengabulkan permintaannya. Lutut gua lemes banget sob!

Bodohnya, kalau gua pikir-pikir lagi sekarang, gua ngerasa dikibulin sama si Juli dan ‘cowoknyayang sangar itu. Gimana nggak, tiba-tiba aja dalam tiga hari dia dateng ke rumah gua dan bilang dia hamil. Tau darimana dia kalau hamil. Misalnya pakai test-pack sih bisa aja. Tapi awkward aja gitu.. biasanya kalau kejadian telat datang bulan, barulah seseorang mulai berpikir ‘mmhh.. ada yang nggak beres nih!’ tapi ini.. only in three days.. come on! Dan duit 2 juta?? Ohh.. itu pemerasan. Bener aja, pas gua hubungin nomer handphonenya si Juli, nomer itu udah nggak aktif lagi. Damn!!! I’ve got punk’d!

#Diceritakan oleh Romi kepada Ripple Magazine.

The Birds and The Bees: Learn To Sex Attract From Animal

Berkaca pada binatang dalam menarik minat pasangan seks anda.

Ada sebuah istilah khusus tentang bagaimana menarik minat pasangan anda seputar dunia seks. Memang berbicara soal seks kadang kita suka tabu dan malu-malu. Tapi jika saluran TV kamu ada channel animal planet, maka nggak salah untuk belajar bagaimana menarik pasangan anda dari binatang. Yup, istilah yang dinamakan The birds and the bees atau kadang seringkali disebut dengan the birds, the bees, and the butterflies atau the birds, the bees, the flowers, and the trees.

Kadang istilah tersebut digunakan sebaga metafor bagi anak-anak untuk belajar mengenai seks. Mungkin penggunaan metafor burung dan madu digunakan agar tidak terlalu vulgar. Atau malah binatang itu memang nggak tabu dan tak tahu malu…

Lebah Madu
Siklus reproduksi dari lebah madu memang sangat kompleks. Seekor lebah betina memilih untuk lebih diam di kandang dalam proses berkembang biak dan membiarkan lebah pekerja (dalam artian lebah jantan) untuk memberikannya makan. Hal ini dilakukan guna membuat sang lebah betina menjadi dewasa secara seksual. Seorang lebah betina perawan bertahan dari sikap dewasanya dengan terbang bersama lusinan lebah jantan sambil mendengung. Selama masa perkawinan, alat kelamin lebah jantan tersebut meledak dan bersamaan membuahi lebah betina. Anehnya, hal ini membuat mereka berevolusi: penis tersebut layaknya alat kelamin yang menyumbat dengungan lebah lainnya dari pembuahan lebah betina.

Kera Bonobo
Jika biasanya manusia memecahkan masalah dengan cara kekerasan atau perkelahian, belajarlah pada kera Bonobo dalam memecahkan suatu permasalahan. Yeah, kera Bonobo memecahkan suatu permasalahan dalam komunitas mereka dengan cara have sex! Wow… Kera Bonobo menggunakan seks sebagai alat untuk memecahkan perselisihan, percekcokan, perkelahian, dan juga sebagai sarana tukar menukar makanan. Dalam perilaku seksualnya, mereka saling berciuman lidah, mengajak oral sex, masturbasi, bersetubuh penis dan vagina, hingga mereka memiliki kebiasaan unik antara kera Bonobo jantan yang disebut “penis fencing” ritual di mana dua penis Bonobo jantan saling beradu layaknya permainan anggar sebagai foreplay (pemanasan sebelum have sex) mereka.

Cacing Flatworms
Jika kera Bonobo menggunakan ritual “anggar dengan penis” sebagai foreplay, maka cacing flatworms menggunakan ritual tersebut sebagai perilaku seksual mereka sebenarnya. Untuk cacing flatworms, seks lebih seperti perang dibandingkan rasa cinta. Cacing flatworms itu sendiri adalah seekor binatang berjenis hermaphrodite (memiliki dua jenis kelamin sekaligus). Dalam kasus ini, sang jantan beradu dua belati tajam mereka sebagai pasangan kawinnya. Selama perkawinan, dua cacing “bertarung anggar dengan penis” dan saling menikam satu sama lain. Cacing yang kalah yang memiliki bekas tusukan paling banyak akan mengirup banyak sperma melalui kulitnya.

Burung Frigate
Seekor burung Frigate jantan memiliki suatu pundi-pundi tenggorokan yang dapat menggembung seperti balon jika selalu bekerja keras dalam menarik pasangan seks selama kurang lebih 20 menit. Ia kemudian mengibas-ibaskan kepalanya dari sisi ke sisi, menggoyangkan sayapnya, dan memanggil sang burung Frigate betina agar tertarik padanya. Seekor burung Frigate akan kawin dengan sang jantan jika memiliki gelembung balon yang besar dan unik. Selama masa kawin, sang jantan akan menaruh
sayapnya dengan manis dibalik mata sang betina agar memastikan bahwa dia tidak tertarik dengan burung Frigate jantan lainnya yang memiliki gelembung balon lebih bagus. Ternyata burng Frigate memang licik.

Hyena
Seekor Hyena betina ternyata lebih besar dan kuat dibandingkan dengan seekor hyena jantan. Dan kerennya lagi seekor Hyena betina lebih agresif dalam bercinta. Nah, rasanya tipe seorang wanita seperti Hyena yang agresif ini nih yang diinginkan oleh pria manapun hehehe… Seekor hyena adalah sekor pseudopenis, dan pada dasarnya memiliki lubang clitoris yang besar, bahkan mereka dapat ereksi secara bersamaan. Ketika kawin, Hyena jantan memasukkan penisnya pada pseudopenis Hyena betina. Hal itu menjadi sulit buat sang jantan, tapi tetap tak dapat dibandingkan dengan sang betina yang melahirkan melalui penis!

Jerapah
Jerapah jantan membangkitkan hasrat jerapah betina selama masa urination atau buang air kecil. Bahkan masa kawin merupakan hal terberat buat seekor jerapah jantan. Ketika seekor jerapah jantan akan bercinta dengan jerapah betina, ia akan menunjukkan suatu petunjuk yang disebut dengan “fleshmen sequencing” untuk memperlihatkan ketertarikan pada sang jerapah betina. Pertama, sang jerapah jantan menyentuh (maaf) pantat jerapah betina ketika masa urination. Kemudian sang jerapah jantan memenuhi mulutnya dengan air urin tersebut. Jika rasanya enak menurutnya, kemudian ia mulai untuk ingin mengawininya. Sang jerapah jantan bakal terus mengikuti sang jerapah betina sampai menyerah dan membiarkan memiliki dirinya untuk dikawini.

Penguin
Coba tonton film dokumenter March Of The Penguins di mana di film itu menggambarkan kehidupan penguin termasuk perilaku seksualnya. Yeah, penguin memiliki “perkawinan” yang aneh. Pasangan penguin tersebut meluangkan waktu mereka terpisah dengan yang lainnya dan hanya bertemu sekali di akhir Maret, setelah berjalan bersama sekitar 70 mil atau 112 km di daratan, entah itu mereka berjalan atau menggelindingkan diri. Setelah itu, penguin melihat pasangan kawin mereka dengan cara bersiul. Penguin jantan diam di satu tempat, lebih rendah dari kepalanya dan dadanya untuk memanggil sang betina. Setelah mereka bertemu satu sama lain, mereka akan berdiri setinggi dada, kemudian saling bersiul dan bernyanyi. Nah, setelah itu saatnya untuk masa kawin. Seperti halnya burung kebanyakan, penguin tidak memiliki alat kelamin secara eksternal. Yup, penguin jantan tidak memiliki penis begitupula penguin betina yang tidak memiliki vagina. Sperma penguin jantan di produksi dalam testes dan disimpan dalam cloaca (semacam lubang mulut untuk buang ari besar, buang air kecil, dan bereproduksi). Sang penguin betina juga memiliki cloaca sebagai lubang telurnya. Penguin betina berbaring dalam bidang datar dan penguin jantan menekan cloacanya kedalam cloaca sang betina dan membiarkan sperma mengalir. Ketika sedang bertelur, penguin betina mengalirkannya secara hati-hati pada pasangannya (jika telur itu menyentuh es dan membeku maka kemudian bakal mati), untuk itu telur dijaga agar senantiasa hangat. Penguin betina kemudian pergi ke laut untuk mencari makan, meninggalkan sang penguin jantan tanpa makanan selama dua bulan. Para penguin jantan berkumpul bersama dalam satu kumpulan besar agar mengawetkan tubuh agar hangat dalam dingin dan lingkungan keras, seperti angin kencang mencapai 120 mph (200 km per jam). Ketika sang betina kembali, dia menemukan pasangannya beserta anak penguin baru tumbuh dengan mendengarkan siulan dari ratusan penguinnya lain. Bahkan ketika rilisnya film March Of The Penguins mengundang kontroversi ketika kaum Kristen mengklaim bahwa itu merupakan perumpamaan dari perilaku monogami. Penguin memang seekor biantang monogamous, di mana mereka hanya memiliki satu pasangan kawin saja. Jika mereka tidak dapat menemukan pasangan mereka di musim mendatangnya (dan kebanyakan tidak dapat menemukannya di mana sekitar 15% pasangan yang hanya dapat saling bertemu di tahun berikutnya, dan hanya 5% di tahun ketiga yang saling bertemu) mereka akan menemukan pasangan barunya.

SEX DISASTER

Gempa bumi akan cepat terjadi hanya dalam waktu hitungan detik saja. Ini yang mesti kamu waspadai. Bayangkan kamu akan have sex sebelum gedung hancur, tanah retak, barang jatuh, dan juga kepanikan yang luar biasa. Situasinya: Kamu tentu saja berada dalam posisi yang terjepit dan sulit. Mungkin kamu tidak perlu memikirkan pula edi aka ejakulasi dini yang terjadi. Poin inti yang harus kamu pikirkan adalah kamu merasakan sensasi seks dengan cepat layaknya musik thrash core. Cepat tapi nikmat mungkin yang terus membayangi diri kamu. Ada langkah yang bisa kamu lakukan untuk hal tersebut:

The Best Way:
Hal yang semestinya dilakukan adalah tentu saja have sex yang bukan di lantai bertingkat, karena kalau dilakukan di lantai bertingkat diduga kamu tak bisa selamat dari gempa bumi yang mengancam. Langkah selanjutnya adalah foreplay yang sesingkat mungkin. Kamu mesti merangsang gairah hasrat seksual dengan cepat. Jangan melakukan foreplay yang lamalama seperti mencium dari ujung kaki hingga ujung rambut. Tapi lakukanlah dengan simple seperti makan kambing atau minum viagra dan dibantu dengan sedikit sentuhan dan fantasi. Ok, foreplay kamu berjalan dengan baik tapi gempa sudah mulai terasa dan dari getaran demi getaran sudah mulai terasa. Inilah sensasi yang mesti kamu rasakan. Ada dua pilihan tersisa: penetrasi secara lansung atau melakukan variabel gaya agar tetap terlihat estetik. Untuk pilihan pertama, kamu bias lansung menancap gas, mencumbui pasangan kamu, atau malah kamu mesti membayangkan pasangan kamu sebagai model Vivid agar sensasi yang didapat terasa maknyooosss… Nah alternatif kedua yaitu kamu mesti melakukan variabel gaya agar terlihat menarik meski guncangan sudah terasa hebatnya. Ok, anggap saja guncangan semakin besar, disini pengetahuan matematikamu perlu digunakan. Called it Math-sex hahaha… Yup, kamu perhitungkan berapa waktu yang dibutuhkan dalam satu gaya seks dengan guncangan gempa setiap detiknya. Mungkin kamu mesti berpikir tentang detik. Kamu bisa melakukan penetrasi dalam satu variabel gaya hanya sekitar 30 detik. Nah jika kamu melakukan hingga 10 varibel gaya maka dibutuhkan sekitar 300 detik atau 5 menit. Ok, that’s the point: kita punya waktu 5 menit untuk have sex nikmat ditengah

SEX BEFORE TSUNAMI!!!
Ketika kamu sedang berlibur di pantai, lalu tibatiba badan meterologi mengumumkan dalam 15 menit akan ada gelombang besar yang akan datang.

The Best Way:
Berlarilah ke ruang P3K, ambil tabung oksigen botol kecil, lalu bergegaslah ke kursi pengawas pantai, ambil teropong… dan lihat mana wanita yang mirip Pamela Anderson. Perhatikan ukuran dada, bokong dan rambutnya jangan sampai jauh dari postur si neneng Pamela.. karena kalau meleset kamu mungkin malah menemukan tipikal wanita seperti Pamelani subono.. Ketika kamu sudah menemukan target yang tepat, bergegas kamu hampiri si neneng Pamela gadungan itu, lalu berkata: “Nona..akan ada gelombang Tsunami datang, disertai letupan gas beracun dari dasar bumi! Maka cepat pakai oksigen ini, dan hirup sedalam-dalamnya..” (Guys.. F.Y.I : ketika tabung oksigen dipakai secara berlebihan dan cara menghisapnya seperti kamu
menyedot sheesha, maka oksigen akan berpengaruh di kepala seperti kamu sudah menghisap ganja sebanyak satu bungkus rokok penuh… akan mengakibatkan efek halusinasi dan terbang di awang-awang) Nah, ketika si neneng Pamela mu itu sudah merasakan reaksinya, biarkan dia berfantasi tentang kamu sang dewa penyelamat yang berwujud seperti David hasselhof.. biarkan dia meraba-raba dada kamu seolah penuh dengan bulu-bulu keriting halus… dan ketika dia sudah tersenyum menatap wajahmu, disaat itulah momen yang tepat untuk mengajaknya, dan melakukannya dengan cepat.. ingat ‘nak waktumu hanya 15 menit, itu sudah termasuk: check alat, sound check, check line dan rehearsal.. Yeah you score before you swim over the current!

SEX IN A VOLCANO ATTACK!
Sialnya kamu! pada saat sedang mengunjungi keluarga di gunung Bromo, rupanya gunung itu tiba-tiba meletus! Ahh.. kamu tampaknya sedang berada di wrong place at the wrong time. What to do…what to do…?!

DO’s:
Cari segera kembang desa yang paling bohay dan segera ucapkan pick-up line seperti:’babe, sebentar lagi kita akan mati dan lahar-lahar dari gunung itu akan membunuh kita.. we’re gonna die soon so why don’t we get laid for the last time?’

DON’Ts:
Lupakanlah kondom, karena di dekat gunung tidak ada Circle-K dan kondom-kondom di warung mungkin sudah expired.. lupakan juga petuahpetuah Mbah Maridjan yang menyuruhmu untuk bertapa diatas gunung.

SEX BEFORE A PLANE CRASH!
Apa yang akan kamu lakukan kalau pesawat yang sedang kamu tumpangi mendadak mati mesin nya? Lupakanlah aksi-aksi heroik Wesley Snipes atau Chuck Norris, now it’s time to get laid!

DO’s:
Segera cari pramugari paling cantik di pesawat itu dan perhatikan akses keluar, dan sebaiknya kamu juga sudah mengambil parasut terlebih dahulu, sehingga setelah ML, kamu bisa langsung loncat keluar dan terjun memakai parasut sambil meninggalkan penumpang-penumpang lain di pesawat. You can even watch the plane crash while parachuting. Yippie kayy yayy motherfuckers!

DON’Ts:
Jangan berfikir untuk meniduri model / penyanyi / bintang film cantik yang duduk dibelakangmu, karena kemungkinan terbesar ialah kamu harus berkelahi dulu dengan bodyguard nya dan tentu saja akan berakibat fatal karena pesawatmu akan jatuh sebentar lagi!

20 Things You Must Know About KAMASUTRA

Sebenarnya asal muasal teori seks Kamasutra masih kabur siapa yang pertama kali menemukannya, tapi sejarah mencatat bahwa Kamasutra pertama kali ditulis antara abad ke-1 dan abad ke-4 sebelum masehi oleh seseorang bernama Vatsyayana yang tinggal di Benares, India Utara yang sekarang dipanggil Varanasi, Uttar Pradesh.

kamasutra pertama kali diterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh penjelajah asal Inggris bernama Sir Richard F. Burton pada tahun 1876. Penjelajah ini mengetahui teknik Kamasutra ketika berkunjung ke Bombay, India pada tahun 1842 dan tertarik dengan erotisme India. Kemudian ia berkencan dengan pelacur sana,dan berkata pada gundik di sana, “We British never knew of this kind of love-making. Had we known, we would not have ruined the lives of so many British virgins.”

Pada tahun 1883, Burton terancam berurusan dengan hukum dan dipenjara ketika menerbitkan 250 kopi buku tentang Kamasutra di Inggris. Buku itu sendiri masih ilegal di Inggris sebelum menjadi legal dan dikonsumsi oleh publik pada tahun 1963.

Kamasutra ditulis dengan bahasa Sanskrit (Sansekerta) kuno. Dalam bahasa Sansekerta, Kama berarti hasrat dan Sutra berarti aturan.

Isi Kamasutra memiliki total 64 posisi hubungan seks. Vatsyayana percaya bahwa ada delapan cara bercinta yang dikombinasikan dengan delapan posisi bercinta.

Hanya sekitar 20 persen dari buku ini yang menyediakan posisi seks. Yang paling utamanya lagi adalah panduan untuk bagaimana menjadi warga negara yang baik, hubungan antara lakilaki dan perempuan, dan sedikit penjelasan tentang kenapa laki-laki berasal dari Mars dan perempuan berasal dari Venus.

Kamasutra menjelaskan bahwa having sex sebagai “divine union”.Vatsyayana percaya bahwa seks itu sendiri bukan sesuatu yang tabu atau salah, tapi jika dilakukan secara jahat atau buruk maka itu adalah dosa yang besar.

Bagi orang yang memiliki penyakit punggung atau arthritis disarankan untuk tidak berhubungan seks mengikuti panduan posisi Kamasutra. Karena seperti yang diungkapkan oleh Vatsyayana sendiri hal itu cenderung mengakibatkan penyakit rematik dan linu pada pinggul.

Setelah Burton menerbitkan Kamasutra, buku tersebut dilarang di India itu sendiri. Pada waktu yang sama, pihak pemerintah India menghentikan praktek prostitusi dan pernikahan di bawah umur.

Meski Kamasutra berasal dari India, tapi pemerintah India menyensor film “Kamasutra- A Tale of Love” dan meminta agar 14 scenes yang “berbahaya” dipotong sebelum ditayangkan pada penonton di India.

Kamasutra seolah memiliki misteri dan seni tersendiri. Salah satunya adalah esensi tentang seni bagaimana seorang perempuan mesti belajar seks, hal itu diajarkan rupanya untuk menolong para perempuan saat bertemu dengan pasangan kencannya.

Kama is the Hindu god of love. Kalimat tersebut mengartikan pencarian cinta atau kesenangan yang termasuk satu dari empat kehidupan manusia dalam tradisi Hindu.

Sesuai dengan bukunya, seorang pria tak bisa menahan hasratnya pada wanita jka sang pria sedang memegang “burungnya”.

Direkomendasikan untuk menggigit dan menggaruk sebagai improvisasi dalam berhubungan sex, tapi lakukan dengan baik dan benar agar tidak sakit. Karena gigitan dan kuku sangat penting dalam membangkitkan gairah seksual.

Kamasutra juga memberikan tips terbaik untuk menghias sebuah rumah. Sarannya adalah orangorang bakal bahagia jika mereka memiliki sebuah pot untuk meludah, gantungan kecapi yang terbuat dari gading gajah, sebuah kasur empuk, dan beberapa pot bunga.

Salah satu bab dari Kamasutra mengajarkan cara merayu atau mengajak tidur dengan seorang pria/ wanita yang sudah menikah.

Dalam buku Kamasutra terdapat resep awal untuk membuat Viagra. Resepnya yaitu telur burung gereja direbus dengan susu dan kemudian dicampurkan dengan mentega dan madu.

Dalam Kamasutra terdapat 10 metode cara berciuman yaitu the nominal kiss, the probing kiss, the touching kiss, the straight kiss, the bent kiss, the turned kiss, the pressed kiss, the greatly pressed kiss- dan empat cara ciuman rahasia didalamnya. Dari metode tersebut, diperoleh hasil total bahwa terdapat 40 cara berbeda untuk mencium pasangan anda.

Pada bulan April 1998, Presiden Amerika, Bill Clinton menggenggam sebuah kopi dari Kamasutra saat sedang berjalan bersama Perdana Menteri Kanada, Jean Cretien saat setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Benua Amerika di Santiago, Cile.

Seseorang menamakan kuda balapnya dengan Kamasutra.

10 Greatest Albums For Making Love

Ya, ini adalah album-album terbaik yang bisa kamu setel pada saat sedang ML dan ini bukan selera subyektif saya,melainkan atas dasar survey kecil-kecilan yang saya lakukan ke teman-teman dekat. For your information, narasumber yang saya tanya adalah beberapa orang yang mempunyai selera musik yang berbeda antara satu sama lain, dan tentu saja, sifat dan kepribadian yang berbeda (juga gender). So buy these records now if you’ve been planning to get laid karena lagu-lagu ini sangat “sensual dan tentunya memiliki beat yang sangat oke. Enjoy motherfuckers! Ps: don’t change the songs when you’re doing it! It ruins the mood! Duh.

Stan Getz, Joao & Astrud
Gilberto-Getz/Gilberto

Ohh.. yang satu ini akan membuatmu merasa seperti sedang berada dalam kapal pesiar dalam perjalananmu menuju pulau-pulau eksotis di daerah Caribia (no pirates here! Harr harr). alunan nada yang merdu dari permainan gitar Joao Gilberto dan vokal Astrud yang mengalun bak angin sepoi-sepoi akan membantumu untuk menanggalkan pakaian si do’i. dan akan membuatnya melupakan sejenak bahwa dia sedang berada di kamar kosan mu yang bau apek!

Barry White-Any Album!

Mmhh sangat klise kah jika saya menaruh Barry White disini? Tidak. Karena mungkin beberapa dari kalian belum pernah mendengar Barry White dan belum mempunyai records nya. Ok, ada beberapa properti yang juga bias mendukung musik seksi dari si om yang satu ini:
1.lava lamp
2.pencahayaan kamar yang redup (bukan remang-remang!)
3.ambiance dan mungkin sedikit
potpurri untuk menimbulkan
aroma sensual
4.wine / champagne murahan
lengkap dengan emebr penuh es

(actually, forget this list)

mmmhh..sebenernya, kamu hanya perlu diam saja dan biarkan segalanya berjalan engan “otomatis”, apalagi pada saat Barry sudah mengucapkan kata-kata flirty nya di hampir setiap lagu dengan suara berat yang serak dan flirty! “can’t get enough of your love babe.. ughh.. I can’t get enough..yea baby..yeaaa..”

Marvin Gaye-Lets Get It On

Judul lagu nya saja sudah “let’s get it on”, kalau cewek kamu tidak mengerti, mungkin sebaiknya dia kamu daftarkan saja les inggris di LIA.

Feist-Let It Die

Yang satu ini mungkin adalah records yang sangat digemari cewe-cewe yang menyukai suasana santai dan cozy. Dan mungkin juga ini adalah senjata rahasia cewe-cewe untuk merangsang cowo-cowo lewat alunan nada dari si seksi Feist. Walaupun “mushaboom” dan “one evening” sama sekali bukan lagu yang relevan untuk tujuan seperti itu, tapi sepertinya banyak yang menyukainya!

Xasthur-Subliminal Genocide

Tidak, saya bercanda. Tapi jika kamu dan pasangan kamu hobi melakukan Bondage, S & M atau menyukai kekerasan dalam hubungan seks, mungkin ini adalah soundtrack yang tepat. Kalau kamu menyukai lagu ini saat sedang berhubungan intim,
kemungkinan besar kamu juga adalah seorang Sado Masochist seperti Malefic.

Air-Moon Safari

ahh.. apa yang lebih baik dari mendengarkan musik elevator dari duo berbahaya dari perancis? Ahhh.. kalau tidak percaya coba saja cek lagu “Sexy Boy”, “La Femme D’Argent” atau “Ce Matin La”. These guys will mellow you out..

Cansei De Ser Sexy CSS

Mmhh menurut saya tak ada lagu dengan lirik yang lebih flirty dari single Cansei De Ser Sexy yang berjudul “let’s Make Love And Listen To Death From Above”. Ya, mendengarkan album ini akan membuat kamu-kamu yang berumur 30an merasa menjadi remaja kembali! Apalagi bait-bait nakal tersebut dinyanyikan oleh Lovefoxx dengan nada yang menggoda sekali! Mmhh considering that Death From Above 1979 was a Gay band, maka kalau seorang cewek mengajakmu untuk bercinta sambil
mendengarkan musik orang homo, then you can consider her kinky!

Blueboy-Unisex

Mhhh ini juga merupakan sebuah records favorit para cewe-cewe. Meraka akan merasa terbuai oleh iringan gitar Blueboy, but you gotta make sure that she’s not asleep too!

Serge GainsbourgComicStrip

20 lagu tentang wine, perempuan dan sex tentunya. Semua ini dibawakan dengan lirik-lirik perancis yang seksi dari Serge. Kamu tidak usah les di CCF untuk bisa mengerti lirik-lirik album ini, karena kemungkinan besar pasangan loe juga ga akan ngerti bahasa perancis! Kecuali dia adalah Charlotte Gainsbourge atau Audrey Tautou. Gossip-gosipnya Serge melakukan hubungan incest dengan anaknya sang aktris (juga penyanyi) Charlotte Gainsbourg. Mhhh.. french people are cool with their liberalism point of view!

Music To Make Love By..
Compilation

Didalamnya adalah sebuah kompilasi berisi 2 cd yang diisi musisi-musisi elektronik, DJ sampai solois-solois. ada pioneer elektronik experimental Luomo dan Herbert, dan sedikit jazzy-soul chill-out yang dimainkan Vikter Duplaix. Hahha desain kovernya memang sedikit konyol, sebaiknya jangan sampai terlihat pasanganmu, or she will now what your intentions are you dirty boy..

DRAGON FORCE INHUMAN RAMPAGE WORLD TOUR 2007

Dengan berbekal keyakinan, nekat, dan modal sana-sini, akhirnya saya nyampe juga di hotel Sultan, di mana para personil DragonForce menginap, dan menggelar konferensi pers di sana. Yang ada di pikiran saya saat itu adalah, gimana caranya yang penting bisa ketemu langsung sama Herman Li icon wink Sex Issue (haha ngarep euy), beruntunglah saya bisa bangun pagi dan nongkrong bersama para pemburu berita lainnya. Setelah goody bag berisi CD DragonForce album Sonic Firestorm, dan press id dibagikan, maka pers conference pun dimulai tepat pada pukul 12.00 siang. Sambil ditemani secangkir kopi, dan beberapa kue-kue kecil, para reporter pun mengajukan beberapa pertanyaan standar, seperti apa perbedaan album terdahulu dengan album terbaru mereka, Inhuman Rampage, siapa influence terbesar mereka, dan beberapa pertanyaan seperti, gimana perasaan mereka bisa manggung di Indonesia. Dan, mereka tau Indonesia karena Helloween pernah datang kesini, Herman Li sempet comment untuk
beberapa part di album mereka, “Many people will hear them and assume they were made by keyboards. That’s completely wrong. All those parts are done on the guitar.Ada yang lucu, teman saya seorang reporter dari sebuah majalah Jakarta nanya, apakah mereka tau band-band dari Indo?dan tanggapan mereka tentang band Arctic Monkeys?ehm..they don’t even know any bands from Indo, dan mereka juga bilang “who the hell is Arctic Monkeys?” deeuuu segitunya paak.. ;-), satu comment yang msh saya inget adalah, “We’re lazy to do work, so we rock!” oho..good hihi.

Influence terbesar mereka tentu saja adalah Steve Vai, Joe Satriani, dan Iron Maiden. Hmmm..kesan pertama yang saya tangkap adalah, DRAGON FORCE = METAL SOMEAH karena mereka selalu tersenyum dan sumringah seperti halnya wajah saya (saking terharunya ;-p). Dengan durasi satu jam, ditambah photo session dan perburuan tanda tangan yang menyenangkan, (dan sms di hp sy berupa titipan salam dari Eben BK utk akang Herman hehe..), akhirnya press conference berakhir karena mereka harus sound check buat konser nanti malam. Terimakasih om-om dari SOLUCITE, yang mengizinkan saya foto-foto sampe mampus, walaupun photo session sudah berakhir 15 menit yang lalu. Yang penting puassss.., bisa dipajang dong di prenster hehe.

THE CONCERT

Yeaaaahhhh…sore itu, Sabtu 19 Mei 2007, pada pukul 16.00, konser pun dibuka dengan penampilan Pain Killer, lanjut ke Seringai, Netral, Roxx, Edane, dan finally the mighty DRAGON FORCE. Sayangnya, saya tidak sempat menonton beberapa band pembuka karena saya datang di tengah-tengah acara. SOLUCITE sebagai penyelenggara acara telah merancang panggung raksasa dengan desain yang elegan berukuran sekitar 12m x 24m. Dengan kekuatan tata suara 80.000 watts dan tata lampu 120.000 watts, sudah bias dipastikan bahwa konser ini pasti heboh. Check it out!

Saat saya datang yang sedang tampil yaitu Netral. Lumayan lah, mereka maenin hits-hits mereka sama dua lagu baru, meskipun para penonton terlihat enjoy berada di luar stage, entah itu bersosialisasi maupun makan dan minum. Selanjutnya yaitu Edane. Wah penampilan mereka pokokny Sucks !! (oopss..) Drumnya maennya acak-acakkan, sound Eet ancur, karena suara bass nya ketutup sama sound gitar. Dan yang paling fatal adalah ketika sang vokalis baru dari Edane bilang, “Mari kita sambut Dragoooon…..Fly…(?!?), whaaatt..????kirain cuma maen2, tapi….apeu hahaha. Yang saya sesali adalah, saya tidak bisa menonton ROXX, karena datang nya telat.

Setelah nunggu agak lama ENG-ING-ENG finally DRAGON FORCE langsung menghajar audience dengan lagu Black fire ,yang disambut dengan ledakan kembang api meriah plus bengong-bengong kagum para penonton. Lagu pertama, semua orang ga ada yang bergerak hehe berlebihan ya?aslinya ini mah, semua terpesona. Yup, meskipun yang hadir pada malam itu hanya sekitar 3000 sampai 4000 penonton, tapi saya sangat puaasssss….!!!!! Di tribun sih lumayan sepi, ya iyalah…nonton band duduk mah, mending liat di tv aja kali yaa? Tapi satu hal yang menarik perhatian saya adalah, spanduk besar bertulisakan “So far away we waited for the DragonForce” hehehe..oh my god dragon atuh ya.

Dragon Force yang berpersonilkan ZP Theart (Lead and backing vocals), Herman Li (Lead and rhythm guitars, backing vocals), Sam Totman (Lead and rhythm electric guitars, backing vocals), Vadim Pruzhanov (Keyboards, Piano, backing vocals), Dave Mackintosh (Drums, backing vocals) dan Frédéric Leclercq (Bass, backing vocals) mulai bersiap menggempur arena dengan semburan api memanaskan suasana. Hell yeah…

Pada lagu kedua Fury Of The Stormada bagian kocak pas Herman ama Sam lagi main unison lead guitar, pas mau giliran si Sam, dengan cueknya pantatnya si Herman
ditendang ama si Sam supaya menyingkir. Dan yang menariknya lagi saat lagu Black Winter Night, ada adegan yang gak enak.(asli, saya sempet malu sendiri tapi ya mau gimana lagi hehe) pas ZP Theard ngasih mike ke penonton,sebagian gak hapal, tapi akhirnya ZP tetep aja cuek lanjutin tu lagu. Oh iya seperti biasa, setelah lagu ke tiga, pers pun mulai diminta untuk meninggalkan tempat dan pindah ke bagian festival.

Sementara saat lagu kelima, Trail Of Broken Heart (jero taah..), disini nih ZP nyuruh penonton untuk nyalain lighter mereka, dan penonton udh ga malu-malu lagi untuk ikutan sing a long. Bahkan saat si Vadim Pruzhanov melakukan solo keyboard yang lain pada istirahat Asli seru banget kyk ngeliat hiburan komedi,aksi,skill ekstra gila ama nintendo sound, trus nge-mixed soundtrack The Simpson sama Mario bross. (udah pada liat v-klipnya kan?mereka emang gamers bgt).

Pas lagu My Spirit Will Go On, saya udah mulai kelimpungan karena sebagian besar penonton yang datang adalah bule, maka kesempatan saya untuk lebih maju ke depan barikade pun semakin menipis. Hihi sieun katincak bos, da rada hobbit appal mereun (takut keinjak karena saya seperti hobbit ).

Dan pada saat lagu kesepuluh mulai berkumandang, Frederic Leqlerc mulai melakukan carnaval bass solo, penonton pun semakin memanas. Akhirnya Dragon Force meninggalkan panggung..tapi sebagian udah pada tau kalo tu trik encore..doang, dan standarlah penonton teriak “We Want More”.

Encore pun berlanjut dengan lagu Through the Fire And Flames. Naah..disini semua pada ikutan sing a long, yaiyalah secara ini lagu yang jadi andalan mereka dan lumayan dikenal oleh publik. Pas bagian solo gitar dengan cueknya ZP theard turun ke bawah panggung nyalamin terus nyiram diri sendiri pake air mineral,yang dilanjutin penonton ikut nyiramin dia. Lagu terakhir pun berkumandang, Valley of The Damned menghajar kuping penonton dengan mengerahkan seluruh skill mereka yang memang muruluk hehe. Yang sy ga ngerti, drummer Dave Mackintosh makannya apa ya?sampe-sampe, di tengah kerumunan orang-orang Jakarta, sy sampe teriak, “Parabna naon euy?”.Sy rasa dia bukan orang, maen segitu lama (yup almost 3
hours) powernya ga turun2. Malah makin cepet daripada yang biasa gw denger di albumnya.

Tak hanya itu penampilan mereka pun sangat komunikatif dan atraktif. Buktinya Sam totman & Herman Li maennya mantap!pokonya mah MDG = Moal Dijual Goceng lah hehe. Terus Fred Leclercq..maennya stabil,pas solo bass dia komunikatif banget..pas solo kibord dia keluar malah maen gitarjago lho. Dan yang paling aneh adalah si Vadim Pruzhanov..kibordis gila, atraktif….keren man..ternyata nintendo sound itu banyak dari dia, dan dia ngaku game freak. Yang paling edan lagi adalah Dave Mackintos..drummer sarapbukan manusiamaen segitu lama powernya gak turun..malah maennnya lebih cepet daripada di rekaman. ZP Theard vocalis yang komunikatif..pas liat situasi konsernya dia bilang “it so beautiful” kocaknya pas si Sam Totman ganti baju (doi pake sweater ngatung hehe) dibilang kayak anak band EMO Fall Out Boy. Dan dia ngebales dengan nanya ke penonton, “Do I look like Fall Out Boy?” hahaha…seru..seru.

Pokoknya keseluruhan asyik bangetdan pas akhir acara SOLUCITE sbg penyelengara janji mo datangin band metal lebih banyak lagi dari Cradle of filth, Dream Theater,Symphoni X,Rhapsody,Angra, Avenged Sevenfold, Within Temptation dll. Ehm..ditunggu lho..janjinya.

24 HOURS PARTY PEOPLE RNRM: OUTBOX LAUNCHING ALBUM

Akhirnya setelah cukup lama vakum, RNRM kembali berkarya dan merilis the most anticipated second album mereka yang diberi nama ‘Outbox’. Album ini mendeskripsikan perubahan konsep musik mereka yang lebih easy listening dan ditujukan untuk audience yang lebih luas, tidak lagi hanya untuk para clubbers. Pada album kedua ini RNRM digawangi oleh Hendra, Ekky, Nyanya, serta di bantu oleh juri indonesian idol, Jamie Aditya

@RNRM Video Grafitti

Rasanya barisan kata tersebut merupakan pengantar yang tepat untuk mendekripsikan
bagaimana serunya acara videografitti RNRM. Bayangkan saja dalam satu hari, mulai dari jam 5 sore sampai tengah malam, RNRM tampil live di lima tempat berbeda di kota Bandung. Acara ini sendiri sih selain sebagai sebuah project art antara RNRM dan Biosampler sebagai video art director, juga bertujuan untuk mempromosikan acara launching album “Outbox” RNRM yang bakal digelar minggu mendatangnya.

Perpaduan antara musik elektronik dan video art memang sudah tidak aneh dan banyak ditemui di rave party berbagai tempat atau klub dugem yang bertebaran di penjuru kota. Tapi memainkan musik elektronik plus video art di tengah kota secara mendadak layaknya acara MTV, tentu menjadi kredit tersendiri. Mulai dari konsep hingga eksekusi di lapangan boleh dibilang ini merupakan satu-satunya di Indonesia apalagi dibuat oleh sekelas band independent tentu membuat kita mesti mengangkat 10 jempol jika tangan kamu jempol semua.

Tempat-tempat yang didatangi yaitu pelataran bioskop Regent, pelataran PLN Cikapundung, Viaduct, Jembatan Cikapayang, dan terakhir di pelataran Paskal Hypersquare. Tentu saja melihat ekspresi orang-orang yang kebetulan berada di tempat tersebut terheran-heran. Dan saya cukup bisa mengerti keheranan mereka. Secara keseluruhan acara tersebut berjalan dengan sangat baik. Apalagi mengingat hektiknya mesti berpindah-pindah tempat serta menyiapkan sound dan lainnya, tak membuat penampilan RNRM malam itu kurang greget. Justru sebaliknya mereka tampil penuh mempesona meski terlihat mereka mesti bekerja secara ekstra. Over all, Bandung milik RNRM malam itu.

@ AACC Bandung, 26 Mei 2007

Malam minggu, cuaca cerah. Hari yang sudah saya tunggu untuk menyaksikan launching album RNRM yang sempat dipending karena pada bulan Februari lalu mereka harus melakukan tur Eropa. Saya datang ke venue sekitar pukul 8 malam. Entah kenapa antrian yang biasanya sangat panjang seperti saat launching album Polyester Embassy dan The S.I.G.I.T. tidak terjadi malam itu. Tampak lenggang-lenggang saja. Oohh… ternyata Peterpan juga menggelar launching album ketiga mereka di Monumen Perjuangan. Launching besarbesaran yang kabarnya diliput oleh beberapa tv nasional itu mungkin lebih menyedot perhatian.
Whatever lah.. NEXT!

Alphawaves dan Souldelay lebih dahulu mengisi stage sebagai band pembuka malam itu. Waktu sudah menunjukkan jam 8 lewat 15 menit saat Alphawaves, band proyekan Elang (Polyester Embassy) dan Deena (Homogenic) ini memainkan set mereka, ‘New Home’, dan kemudian berturut-turut, ‘Scary Stone’, dan ‘Home’. Sebagai performer kedua, Souldelay pun dengan apik membawakan tiga buah lagu mereka, yang kemudian berbagi panggung bersama Alphawaves dan membawakan tiga lagu lain, yaitu; Letter Word, Glorylove, dan Tales.

Kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari RNRM. Mayoritas membawakan materi-materi dari album “Outbox” mereka yang terdengar sangat solid malam itu. Lagu-lagu seperti “Questions”, “Televisions”, “Oubox”, “Dancing In The Echoes” hingga hits single mereka yang begitu familiar, “Zsa Zsa Zsu”. Secara penampilan dan konsep malam itu RNRM menampilkan sesuatu yang intim. Bahkan meski bergenre elektronik, RNRM justru menampilkan elemen-elemen analog seperti drum dan bass. Bahkan posisi drummer juga diisi oleh Gebeg dan Sani Jeruji secara bergiliran. Ekky pun tak hanya bernyanyi, sesekali ia memainkan gitarnya membuat sesuatu yang tak lazim dalam sebuah band full-elektronik. Over all, RNRM tampil sangat keren. Tapi sayang malam itu kurang dipenuhi oleh massa jika mesti dibandingkan dengan launching The S.I.G.I.T. atau Polyester Embassy sebelumya di tempat yang sama. Padahal promosi acara ini dibuat secara besar-besaran seperti RNRM video grafitti seminggu sebelumnya. Mungkin yang saya tangkap belum begitu fanatisnya orang-orang pada musik RNRM. Tapi mengingat materi musik dan penampilan panggung mereka, ini adalah pesta yang terlalu sayang untuk ditinggalkan.

Launching Mocca `Colours`

Satu hal yang menjadi tanda tanya ketika saya di perjalanan menuju selasar sunaryo, apakah malam ini akan hujan seperti malam di tahun 2004 itu?. Dengan memakai syal mocca yang diberikan oleh pihak panitia kepada setiap penonton yang dating malam itu. Ampli teater malam itu di sulap menjadi sebuah stage saya harus bilang seperti apa ya???saya hanya bisa bilang, semuanya malam itu sangat mocca sekali.

And the show begin…toma, rico dan indra memainkan intro dari album terbaru mereka, and please welcome.. arina dengan gaun pink buatan kiki chan berdiri di centre stage membuka launching album mereka terbaru dengan membawakan lagu ode for the loves ones. Ada satu cerita menarik dari salah satu track album mereka terbaru yang diceritakan arina sebelum membawakan lagunya, ini sebuah cerita tentang pengalaman pribadi arina sang vokalis sendiri yang mempunyai phobia terhadap para sales-sales man yang sangat gigih di luar sana. dan phobianya itu menjadi inspirasinya untuk menciptakan track let me go. Walaupun malam itu penonton belum bisa ber-sing a long ria tapi, dengan track-track yang catchy dari mocca, Arina mengajak penonton sing a long bersama menyanyikan lagu do what you wanna do…and they sing, claps and feel so happy.

Tidak hanya track-track dari album baru yang dibawakan mocca di launching album colours ini, track-track lagu dari album-album sebelumnya seperti, I think I’m in love, this conversation, me and my boyfriend, dan happy ikut dibawakan juga pada malam itu. Satu yang saya tunggu malam itu, track Hyperballad bjork yang di-cover version oleh mocca. Dan… mmmmm saya tetap masih sangat bisa menikmat i tanpa harus mengerutkan dahi. Di album colours ini mocca meng-cover dua lagu yaitu, hyperballad-nya Bjork dan sing-nya The carpenters. And they do that so well.

Setelah satu yang menarik tadi sekarang yang kedua yang menarik dari launching album colours. Arina do the Tap dance…. Walaupun ada beberapa kolaborasi dengan beberapa musisi seperti, Pelle Carlbergs, Rekti The S.I.G.I.T, dan beberapa musisi local lainnya. Launching malam itu Mocca tampil hanya dengan versi mocca sendiri tanpa ada kolaborasi dari beberapa musisi yang mengisi track-track seperti di album terbarunya. Tapi sekali lagi, hal-hal minus tadi tidak terlalu berarti, kaki saya, dan penonton lainnya masih bergerak mengikuti irama. Malam itu ditutup dengan lagu yang didedikasikan buat semua penonton yang pernah merasa dirinya dikhianati yeah….. I can’t belive you’ve cheated on me.

Cuaca yang sangat bersahabat, Malam itu adalah malam pertama saya yang akhirnya merasakan menonton sebuah konser band seperti mendengarkan cd favorit di halaman
belakang rumah dengan ditemani secangkir kopi panas dan anjing kesayangan. Semuanya sangat menyenangkan malam itu.

Killbite : Faceless

ermula dari sebuah band side-project, Faceless justru kini lebih intens dan eksis alam bermusiknya. Maklum saja, pada awal berdirinya Faceless para personilnya sendiri bukan nama baru di scene musik Independent yaitu Ghofur pada guitars ex-248, Yuliman pada bass exeditional DIRTY DOLLS, Dadang pada drums ex- GODLESS SYMTOMPS. Dengan aspirasi dan niat bermusik yang sama Faceless terbentuk pada bulan Januari 2003.

Selama perjalanan karir itu mereka sempat bergonta-ganti personil sampai kemudian kini mantap dengan personil barunya yaitu Muhamad Ghofur (lead guitar), Mufty a.k.a. Gmo (gitar/ vokal), Yuliman (bass/ back vocal), dan Dadang Gunawan (drum). Musik yang mereka usung memang masih berada pada barikade musik melodic punk, terutama dengan riff gitar dan ketukan drum yang cepat. Musik tipikal mereka mungkin terdengar seperti halnya band-band tipikal Fat Wreck Chords seperti No Use For A Name.

Hingga kini mereka telah menghasilkan lagu-lagu sendiri yang masuk dalam beberapa kompilasi lokal seperti lagu “I Got Her” pada kompilasi “Beyond Good,Evil,and Us”, lagu “Unlogic Feeling” pada kompilasi “Simpletone vol .1” rilisan Simpletone Melodies Records, dan pada tahun 2007 ini mereka juga berkontribusi dalam beberapa kompilasi lokal seperti lagu “Janji dan Ambisi” pada kompilasi “Mediction For Reflection” rilisan Sightless Records, dan lagu “She Is” pada kompilasi Starsucks rilisan Awkward Overtone Records.

Mereka pun mulai sering tampil di berbagai gigs baik itu gigs lokal maupun luar kota hingga buktinya mereka mendapat endorsement dari Racer Kids milik teman mereka Rully dan Eno Netral. Selain itu mereka pun kini telah memiliki sebuah video klip yang diambil dari single mereka, “She Is”.

Kabar terbaru dari mereka yaitu mereka kini tengah mempersiapkan mini album berisikan enam lagu baru yang rencananya bakal dirilis pada pertengahan tahun ini. Just wait and see!

Neighborhood From Hell (issue 54)

CACAT NADA (JOGJA) Pande Pandu dan Lintang menggunakan Casio dan Nintendo sebagai intrumen utamanya dalam merekreasikan nuansa-nuansa 8-bit yang ..

MIDDLE FINGER (SUKABUMI) Band asal Sukabumi ini memainkan musik melodic punk tipikal Not Available, No Use For A Name, NOFX, New Found Glory, Superman Is Dead, dan Rocket ..

CLAFTY ELEGY (JAKARTA) Pas pertama kali ngedengerin materi lagu mereka, pikiran saya lansung teringat pada Goodnight Electric. Mulai dari beat hingga sound sangat GE sekali, meski gak bisa disalahkan juga karena GE yang pertama keluar hingga band tipikal mereka selalu dikaitkan. Unsur-unsur yang ..

Making Skateboard A Threat Again

Keberadaan kounitas skateboard di Bandung pada era-era 80-90 an yaitu komunitas Taman Lalulintas(TL) skatepark tidak bisa di pungkiri merupakan Blue print dari berkembangnya creative culture di bandung yang menjadi semakin semarak seper t i sekarang ini.Terbukti ketika kita mencermati figur-figur pentolan scene TL yang kini banyak malang melintang sebagai pelaku creative culture di Bandung mulai dari pelaku indutri (pemilik brand clothing),musisi dan lain-lain. Dari bukti di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa sebenarnya para skater ini dulunya adalah kumpulan dari alpha hipsters di Bandung yang selalu haus akan identitascoolnessdengan selalu meni ru-ni ru fashion,music dan gaya hidup sub culture tertentu yang mereka look up.

Jadi jangan heran kalo misalnya komunitas skateboard selalu menjadi komunitas terdepan dalam urusan fashion dan street culture.Buktinya banyak trend-trend fashion yang lahir dari komunitas skate seperti trucker cap yang dari taun 90 sudah di pakai dan di populerkan oleh skater-skater seperti john cardiel dan kemudian baru booming total di taun 2000an.Salah satu contoh lain yang paling gamblang adalah kalo kita flash back ke taun 90 dimana kita bisa liat celana alien work shop strip tiga yang palsu menjadi sangat pasaran di kalangan anak muda di saat itu,dan saking pasaran nya celana strip tiga berlogo alien itu, kita bisa liat ibu-ibu banyak yang jogging di hari minggu dengan menggunakan celana itu.Kebanyakan konsumen umum tidak tau kalo itu adalah brand skateboard yang hip di taun 90an dan jadi ngetrend gara-gara di pake sama alpha consumer di Bandung yang look up ke scene skateboard.

Melihat tambang emas ini banyak pa r a pe l a ku indus t r i y ang memanfaatkan kondisi tersebut dengan memalsukan brand-brand skateboard yang sedang ngetrend untuk kepentingan bisnis semata tanpa perduli sedikitpun terhadap keberlangsungan scene skateboard di Bandung yang nota bene merupakan asal muasal semua ini.Dan itu wajar-wajar saja dalam bisnis(supply and demand) yang dimungkinkan karena kondisi pasar yang masih belum terdidik.Image skateboard kemudian hanya di lacurkan sebagai alat untuk kepentingan bisnis semata tanpa memperdulikan perkembangan dari komunitas nya sehingga eksistensi komunitas skateboard di Bandung semakin lama semakin menyusut karena tidak jalannya industri dan infrastruktur yang menopang scene industri skateboard yang sehat seperti proses sponsorship bagi skater-skater yang berbakat dan pembangunan skate park.

Kini seiring dengan berkembang nya creative culture dan perkembangan industri clothing local di Bandung, maka terbit lah harapan dan kesempatan baru bagi komunitas skateboard yang selama ini termarginalkan untuk maju membentuk suatu industri skate yang sehat dan menguntungkan b a g i s e t i a p e l eme n y a n g terlibat.Proses pembaharuan ini harus di mulai dari pelaku industri yang terpacu untuk berkompetisi menciptakan image sebagai brand skate yanghip”.Setelah terciptanya kompetisi di kalangan brand-brand maka selanjutnya rider-rider akan mempunyai kesempatan lebih banyak untuk mendapatkan sponsorship yang kemudian akan memajukan komunitas skateboard secara keseluruhan.

Awal baru ini adalah kesempatan kita untuk meluruskan kembali sejarah yang telah di bangun oleh generasi sebelum kita (TL skate park) dan kembali menjadi komunitas terdepan di Bandung yang dapat mendefinisi dan meredefinisikan kembali termCoolness”.

www.rockisnotdead.netYOGYAKARTA MUSIC WEBZINE

Image yang coba ditampilkan oleh webzine ini sebagai identitas media propaganda yang merepresentasikan betapa kaum muda sekarang lebih kritis dan dinamis dalam menyampaikan ideologinya secara kreatif dan bebas berekspresi.

Awal mula ide pembuatan webzine ini bermula dari keprihatinan akan belum adanya media online yang bias menjembatani dalam berpromosi dan menginformasikan profile band, review acara, dan interview band-band indie Yogyakarta. Selain itu hal ini seperti bentuk keprihatinan akan biadabnya penindasan kebebasan berekspresi, keterbatasan proses kreatifitas dalam bermusik yang sangat di dominasikapital dan selera pasar”. Hal-hal yang seolah lumrah itu bagi band independent hal ini seakan pengekangan hak azasinya, terbuang dan diabaikan begitu saja. Nah oleh alasan itu maka dibuatlah suatu media perlawanan sebagaiagent of changeuntuk merekonstruksi otak-otak remaja dan meracuninya dengan intelegensia bermusik yang tidak mainstream.

Tapi kenapa kita yang muda dan aspiratif serta dibekali otak yang kreatif ini lantas menjadi sesuatu yang biasa saja? kalo kita bisa menjadi sesuatu yang luuuuarr biasaya nggak? Dengan meminjam semangatanti-kemapananyang membara.

ROCKISNOTDEAD.NET berkomitmen untuk mendukung pergerakan independent di Yogyakarta yang sangat menarik buat diangkat. Situs ini bukanlah sebuah komunitas musik saja, tetapi sebagai “collective networking” yang bertujuan memperluas jaringan dan membangun relasi/ networking. Terutama sebagai media berita dan media berpromosi band-band indie di Yogyakarta. Materi yang terdapat dalam webzine ini pun bervariasi mulai dari memberikan informasi yang beragam mulai dari wawancara band, reportase konser lokal yogyakarta, ulasan opini, dan sebagainya. Webzine yang sudah online sejak 1 mei 2006 ini memiliki pengunjung per hari sekitar 500 pengunjung dan total hits per bulannya sekitar 1000 pengunjung.

Hingga kini yang telah tergabung dalam ROCKISNOTDEAD.NET adalah para sukarelawan mulai dari music clothing,records label sampai band band lokal Yogyakarta dan sekitarnya. Kendati demikian ROCKISNOTDEAD.NET juga menjalin kerjasama dengan berbagai media lain baik media online maupun media cetak dan webzine lainnya baik dalam negri maupun luar negri. Karena kita selalu welcome dan terbuka terhadap pihak-pihak yang ingin menjalin kerjasama dengan ROCKISNOTDEAD.NET selama memiliki kesamaan visi dan misi.

Secara hemat, ada dua hal yang menjadi agenda dan prioritas ROCKISNOTDEAD.NET. Pertama, menjembatani jaringan komunitas independent antar kota maupun Negara supaya proses distribusi dan promosi dapat berjalan dengan baik di semua wilayah. Kedua, menjalin dan menjaga kesinambungan sosialisasi subkultur komunitas independent ini agar generasi berikutnya memiliki animo dan apresiasi yang ideal terhadap genre-genre perlawanan seperti ini.

Sesudah promo di radio, majalah dan media lainnya agenda kerja ROCKISNOTDEAD.NET berikutnya adalah mewujudkan suatu acaraindieyang menggabungkan promo-tour dan exhibition serta membuat album kompilasi indie band Yogyakarta. ROCKISNOTDEAD.NET berharap program ini dapat direalisasikan secepatnya tentunya dengan dukungan berbagai pihak. Termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini.

Akhir kata, majukan terus musik Yogyakarta dan ayo bersatu…!!! Merdekasalam rock is not dead.

Share:

  • wp socializer sprite mask 16px Sex Issue
  • wp socializer sprite mask 16px Sex Issue
  • wp socializer sprite mask 16px Sex Issue
  • wp socializer sprite mask 16px Sex Issue
  • wp socializer sprite mask 16px Sex Issue
  • wp socializer sprite mask 16px Sex Issue
  • wp socializer sprite mask 16px Sex Issue
  • wp socializer sprite mask 16px Sex Issue

Translation